Senin, 24 September 2018 11:01 WIB
pmk

Jakarta Raya

Ganjil Genap Berlaku Hari Ini, Tidak untuk Kendaraan Roda Dua

Redaktur:

AMAN-Pemotor tetap melintasi jalan Sudirman-Thamrin, Selasa (31/7). Foto Iqbal/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menerapkan ganjil-genap pada tanggal 1 Agustus 2018 dibeberapa titik di kawasan Jakarta. Kendati demikian, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya masih menunggu keluarnya Peraturan Gubernur (Pergub) yang menetapkan kebijakan perluasan sistem ganjil genap untuk perhelatan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, Selasa (31/7).

"Sesuai rencana akan diterapkan pada 1 Agustus 2018. Nantinya pelanggar akan ditilang. Kami akan menurunkan sebanyak 600 personel," ungkap Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf pada wartawan, siang kemarin.

Namun demikian, sambungnya, kami menunggu pergubnya. "Karena Pergub menjadi landasan hukum dalam pemberian sanksi terhadap pelanggar ganjil genap nanti," katanya. 

Pihaknya masih terus berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta. "Program perluasan ganjil genap ini bertujuan untuk keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas selama Asian Games terjaga dengan baik,” tambah Kombes Yusuf. 

Kemudian, diharapkan perluasan ganjil genap agar aktifitas atlet dan official, serta masyarakat tetap lancar, aman, dan nyaman. 

Disebutkan, peraturan ganjil genap yang mulai dilakukan hari ini tidak berlaku untuk sepeda motor. Sehingga para pemotor tak perlu khawatir dengan perluasan ganjil genap tersebut. Sebagaimana isu tersebarnya informasi yang beredar di media sosial. 

"Pesan itu tidak benar alias hoax," tegas Kasubdit Bin Gakkum Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto. Dia memastikan perluasan sistem ganjil genap hanya berlaku pada kendaraan roda empat. 

Pesan berantai (hoax) tersebut, sebelumnya tersebar yang menyebutkan perluasan ganjil genap berlaku juga untuk kendaraan roda dua alias sepeda motor. 

Dimana sebelumnya diberitakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Ditlantas Polda Metro Jaya akan melakukan perluasan sistem ganjil genap kendaraan bermotor. Perluasan ganjil genap sebagai upaya dalam mengurai kemacetan bersamaan dalam menyambut Asian Games 2018 pada 18 Agustus hingga 2 September 2018.

Sehingga dalam pelaksanaannya waktu perluasan ganjil genap akan berlaku selama 15 jam setiap hari. Terhitung sejak pukul 06.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. (ibl) 


TOPIK BERITA TERKAIT: #ganjil-genap 

Berita Terkait

Jalur Transjakarta Belum Steril

Ganjil Genap Panen Sitaan SIM dan STNK

Jakarta Raya

IKLAN