Rabu, 21 November 2018 05:09 WIB
pmk

Nasional

Ahmad Heryawan, Raih Doktor Predikat Cum Laude

Redaktur:

SUKSES - Aher saat mengikuti Wisuda gelar Doktor, di Unpad, Bandung, Selasa (31/7). Foto: Ahmad Heryawan untuk INDOPOS

Mantan Gubernur Jawa Barat dua periode Ahmad Heryawan resmi menyandang gelar doctor, setelah menjalani wisuda program S3 di Gedung Graha Sanusi Universitas Padjadjaran (Unpad), Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Selasa (31/8).

Dilianto, JAKARTA

INDOPOS.CO.ID - Pria yang akrab disapa Aher itu sukses meraih gelar doktor setelah berhasil mempertahankan sidang disertasinya yang berjudul Model Keberlanjutan Bisnis di Daerah Aliran Sungai Citarum, 9 Mei 2018 lalu. Bahkan, gelar tersebut diraih Aher dengan yudicium cum laude.

Ditemui seusai wisuda, Aher mengaku tak pernah membayangkan menyandang gelar doktor. Terlebih, saat menjalani pendidikan sarjananya (S1), dirinya menghadapi berbagai tantangan, salah satunya biaya pendidikan.

"Saya bersyukur karena akhirnya mampu menyelesaikan pendidikan hingga meraih gelar doktor," ucapnya.

Aher pun mengaku memiliki banyak pengalaman saat berkuliah di program S3, terutama pengalaman dalam membagi waktu antara kuliah dengan tugasnya sebagai gubernur Jabar kala itu.

"Saya pastikan itu tidak mudah. Makanya tiap hari Sabtu diusahakan tidak ada pertemuan apa pun, meskipun acara di hari Sabtu banyak. Hari Sabtu saya pakai untuk kuliah, mulai pukul 08.00 sampai 18.00 WIB," bebernya.

Perjalanan hidup Aher memang tak lah semulus karir politiknya. Menjadi Gubernur Jabar dua periode, bisa jadi sebagai ‘hadiah’ atas kerja keras dan ikhtiarnya selama ini. Siapa sangka, Aher kecil adalah penjual gorengan di sepanjang jalan saat menuju ke sekolah.

Aher lahir dari keluarga kecil di pinggiran kota Sukabumi. Sejak Aher kecil dia rutin membawa gorengan buatan tetangganya untuk dijual di sepanjang perjalanannya ke sekolah. Hal tersebut ia lakukan sejak bangku sekolah dasar hingga SMA.

Selesai SMA, Aher mendapat beasiswa melanjutkan kuliah di Fakultas Syariah Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) oleh Kedubes Arab tanpa biaya. Aher lulus dengan menggenggam nilai terbaik.

Selepas lulus dari bangku kuliah, Aher mulai meniti karier sebagai pengajar dan mubaligh. Ia aktif mengajar di beberapa perguruan tinggi, antara lain Ma’had Al Hikmah, Dirosah Islamiyyah Al Hikmah, Universitas Ibnu Khaldun Bogor, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Jakarta, dan Pusat Studi Islam Al Manar. Selain itu ia juga aktif di Persatuan Umat Islam sejak tahun 1991 dan dipercaya untuk menjabat ketua umum dari tahun 2004 sampai saat ini.

Karier Aher di dunia politik berawal dengan bergabungnya ia bersama Partai Keadilan (sekarang Partai Keadilan Sejahtera). Aher terpilih menjadi salah satu anggota legislatif Provinsi DKI Jakarta pada tahun 1999. Hingga kemudian menjadi gubernur Jabar dua periode sejak 2008. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #boks #feature 

Berita Terkait

IKLAN