Selasa, 25 September 2018 04:33 WIB
pmk

Jakarta Raya

Antisipasi Hacker, Perkuat IT Asian Games

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Untuk mengantisipasi serangan siber, Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc) telah bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), TNI dan Polri. Kesiapan tersebut dilakukan menjelang penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang.

“Kami ingin pastikan sistem IT Inasgoc kuat dari ancaman cyber attack,” ujar Wakil Ketua Inasgoc Syafrie Syamsudin ketika dihubungi, Selasa (31/7).

Secara teknis, sebagai pelaksana Asian Games Inasgoc telah siap, baik itu IT dan infrastruktur berupa venue dan masalah teknis lainnya. Menurut Syafrie, kerjasama di bidang IT tersebut diharapkan bisa mengamankan sistem IT Inasgoc. 

“Seluruh venue saat ini dipastikan dalam kondisi steril. Jadi, ketika pembukaan dan penutupan dipastikan keadaan aman dan lancar,” bebernya.

Ia mengungkapkan, guna proses simulasi maka dalam 20 hari terakhir klaster pertandingan terdiri dari klaster GBK, di luar GBK, klaster Jabar dan klaster di Palembang akan ditutup untuk umum. Itu dipersiapkan untuk tim pengamanan Inasgoc melakukan simulasi.

“Jadi 20 hari terakhir sebelum peleksanaan Asian Games 2018, venue pertandingan kita tutup. Ini memberikan kesempatam kepada competission and venue manager untuk melakukan persiapan sejalan dengan simulasi pengamanan dari tim pengamanan Inasgoc yang terdiri dari Polri, TNI dan BIN,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Asian Para Games 2018 Raja Oktohari mengatakan, pengamanan event khusus untuk para disabilitas sudah dalam tahap finalisasi. Polri turut mendukung penyelenggaraan tersebut dengan melibatkan polisi cilik. Setelah penyelenggaraan Asian Games, menurutnya akan melakukan rapat finalisasi pengamanan Asian Para Games 2018.

“Asian Para Games 2018 yaitu multi event teman disabilitas diikuti 5.000 atlet ofisial 1.500 di antaranya akan menggunakan kursi roda. Dan itu akan diselenggarakan 67 Hari lagi dari sekarang (kemarin),” ujarnya. (nas)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #jelang-asian-games #inasgoc 

Berita Terkait

IKLAN