Selasa, 20 November 2018 01:05 WIB
pmk

Indobisnis

YKK AP Bangun Balai Penelitian Produk di Indonesia

Redaktur: Redjo Prahananda

INDOPOS.CO.ID - Produsen jendela YKK AP membangun pusat penelitian dan pengembangan di kawasan Tangerang. Area ini menjadi pusat penelitian dan pengembangan ke-3 YKK AP di dunia.

YKK AP membangun sarana penelitian dan pengembangan produk jendela tahan panas dan lembab, untuk uji coba produk-produk mereka. Sebelum di Indonesia, YKK membangun fasilitas penelitian ini di Prefektur Toyama, Jepang dan Jerman.

Ide membangun fasilitas penelitian ini berangkat dari fakta penggunaan peralatan rumah tangga seperti AC dan kipas angin dalam kehidupan sehari-hari sangat tinggi di Indonesia, karena suhu tahunan rata-rata ibu kota Jakarta mencapai 28,9 °C1.

Selain AC secara terus menerus, mayoritas orang Indonesia juga mengatur suhu ruangan kurang dari 20 °C. Sedangkan di sisi lain, terdapat kekhawatiran terhadap isu global warming dalam beberapa tahun terakhir dan faktor kondisi perekonomi Indonesia untuk membatasi penggunaan listrikz

Balai penelitian YKK ini melakukan survei dan studi mengenai metode konstruksi hemat energi sesuai dengan iklim, kondisi konstruksi, bangunan di daerah lembab dan melakukan penelitian serta pengembangan produk disesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Melalui kegiatan ini, YKK AP Inc. bertujuan untuk meneliti dan mengembangkan jendela dari perspektif global dapat memberikan solusi untuk masalah lingkungan dan juga ekonomis, di mana konsumen dapat menghemat listrik baik di daerah panas maupun lembab seperti Indonesia, dan berkontribusi untuk kemajuan lebih lanjut dalam residential passive design.

Dalam upacara pembukaan balai penelitian YKK, 1 Agustus 2018 lalu, sekitar 100 orang termasuk tamu dan pemangku kepentingan dari berbagai kalangan hadir, mulai dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Perhimpunan Persahabatan Indonesia Jepang, Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman, Kedutaan Jepang untuk Indonesia. (adl)


TOPIK BERITA TERKAIT: #ykk-ap #balai-penelitian-produk 

Berita Terkait

IKLAN