Kamis, 20 September 2018 08:15 WIB
pmk

Indotainment

Sertifikasi Profesi Musik Mulai Digaungkan

Redaktur:

DISKUSI - (ki-ka) Milla Rosa, Sumama F. Abdurrachman, Ari Juliano Gema, Sabar Tampubolon dan Johhny W. Maukar mensosialisasikan Sertifikasi Profesi Musik. Foto : Istimewa

INDOPOS.CO.ID – Badan Ekonomi Kreatif (bekraf) makin serius menata industri musik tanah air. Tak hanya memperkenalkan karya musik tradisional ke mancanegara, dan mengurus royalti para musisi. Sebaliknya, sertifikasi profesi musik mulai diberlakukan.

Sertifikasi dilakukan bersama Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Musik.” Musisi sekarang tidak bisa hanya mengandalkan karyanya tetapi harus bisa meningkatkan kualitas karya dan daya saingnya,” ujar Johhny W.  Maukar.Direktur LSP musik dan sekjen pappri disela-sela Kegiatan Sertifikasi Profesi Musik di Hotel GranDhika Jakarta, kemarin (31/7).

Sertifikasi Profesi Musik dilakukan di tiga kota, bandung, jakarta dan jogja. ”kemarin sudah kita lakukan di jogja, hari ini kita lakukan dan jakarta dan selanjutnya di jogja,” terangnya.

Respon positif pun disambut para musisi. Tak hanya para musisi senioar, yang muda pun ikut ambil bagian dalam sertifikasi tersebut. ”Grup musik Bimbo itu ikut,”jelasnya.

Sertifikasi sendiri terdiri dari tiga tahap.  Kegiatan Fasilitasi Sertifikasi Profesi Musik tanpa memungut biaya dari peserta sertifikasi. “Dalam kegiatan tersebut, para peserta mengikuti serangkaian uji kompetensi dan kemudian dinilai oleh tim asesor dari LSP Musik. Kegiatan Sertifikasi Profesi Musik dilaksanakan sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI),” katanya.

Sementara itu Ari Juliano Gama. Deputy fasilitas HKI dan regulasi bekraf menambahkan Sertifikasi Profesi Musik menjadi nilai plus para musisi untuk bersaing di tingkat nasional maupun internasional. ”Saat ini, Indonesia sedang memasuki era persaingan, termasuk di dalamnya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Oleh karena itu, Indonesia membutuhkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing,” tegasnya. (ash)


TOPIK BERITA TERKAIT: #musik 

Berita Terkait

Mengintip Aksi Empat Besar Besar KDI 2018

Indotainment

Gagal di Senayan, Suju Ketemu Jokowi di Korea

Indotainment

Siti Badriah Mendunia karena Syantik

Indotainment

IKLAN