Rabu, 14 November 2018 10:09 WIB
pmk

Liga Indonesia

Vietnam vs Indonesia, Misi Amankan Tiket Semifinal

Redaktur:

KRUSIAL - Amiruddin Bagus Kahfi (kiri) diharapkan kembali tampil impresif saat melawan Vietnam di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, malam ini (2/8).

INDOPOS.CO.ID - Timnas Indonesia U-16 memang melangkah dengan mulus di dua laga sebelumnya. Mencukur Filipina dengan delapan gol tanpa balas (29/7), kemudian unggul tipis 2-1 atas Myanmar (31/7). Bukan berarti Indonesia tanpa tantangan untuk lolos ke babak semifinal.

Nanti malam Garuda Nusantara harus berhadapan dengan juara bertahan Vietnam. Tentu itu tidak mudah, Apalagi, di dua laga terakhir Vietnam juga belum terkalahkan. Saat ini Indonesia dan Vietnam juga mengkoleksi total enam poin. Hanya saja Indonesia yang unggul jumlah gol berhak menjadi pemuncak klasemen sementara.

Menjadi pemuncak klasemen bukan berarti Indonesia bisa dengan mudah lolos dari fase grup. Jika kalah dari Vietnam, dan di laga lainnya Kamboja mampu menang atas Timor Leste peluang lolos Indonesia sedikit sulit. Sebab, saat ini Kamboja berada di posisi ketiga dengan raihan tiga poin. Jika ingin amankan satu tiket semifinal, tentu Indonesia wajib menang di duel nanti malam.

Ini bukan pertama kalinya bagi David Maulana cs bersua dengan Vietnam. Pada 12 Maret lalu, mereka bertemu Vietnam di final Jenesys Cup 2018 di Jepang. Saat itu Indonesia sukses merebut gelar juara dari tangan Vietnam lewat gol semata wayang yang diciptakan Rendy Juliansyah.

Pernah kalah dari Indonesia tentu Vietnam punya motivasi lebih untuk mengalahkan Indonesia. Selain itu, Vietnam juga akan ngotot untuk memastikan satu tiket ke semifinal agar mempermudah jalannya untuk mempertahankan gelar juara Piala AFF U-16.

”Laga besok (hari ini, Red) pasti ketat, Mereka juara bertahan pasti ingin menang. Yang pasti di laga besok kami akan saling membaca permainan. Sebab, di Piala Asia nanti kami juga berada di grup yang sama,” ujar Pelatih Indonesia Fakhri Husaini. ”Kami akan main dengan cara kami. Vietnam akan sama karakternya,” imbuh pelatih asal Aceh itu.

Hanya saja di laga nanti Fakhri belum bisa memastikan akan menurunkan Sutan Zico sebagai starter. Sebab, di sesi latihan yang dilakukan di Stadion Jenggolo pemain bernomor punggung sembilan itu masih mengeluh sakit pada bagian pahanya. Selain itu, Hamza Lestaluhu yang sudah pulih dari cederanya juga belum bisa turun.

”Rotasi akan saya lakukan. Untuk Zico masih akan kami lihat besok pagi (hari ini, Red) perkembangannya seperti apa, masih akan koordinasi dengan dokter,” ucap pelatih berusia 53 tahun itu.

Sementara itu, Vietnam menilai Indonesia mendapat keuntungan tersendiri sebagai tuan rumah. Fanatisme suporter Indonesia dinilai akan menjadi motivasi. Namun, Vietnam tetap optimistis bisa mencuri poin dari Indonesia di depan pendukungnya.

”Indonesia tim yang kuat. Tetapi, kami sama-sama memiliki peluang menang. 50-50. Dan ini akan menjadi pertandingan yang menarik,” ucap Pelatih Vietnam Vu Hong Viet. (nia/gil/jpg)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #timnas-indonesia-u-16 #piala-aff-u-16 

Berita Terkait

Kurniawan Batal Jadi Saksi Sejarah

Liga Indonesia

Pengalaman Final Piala AFF, Fakhri Siapkan Algojo Penalti

Liga Indonesia

Hadapi Australia, Timnas U-16 Percaya Diri

Headline

Indonesia vs Australia, Momen Cetak Sejarah

Liga Indonesia

Brylian Aldama Nyaris Jadi Pemain Bulu Tangkis

Liga Indonesia

IKLAN