Sabtu, 22 September 2018 02:58 WIB
pmk

Kesehatan

Menu Lawas Rasa Milenial di Kedai Jadoel

Redaktur:

Chicken Wings Cabe Hijau. Foto: Iwan Tri Wahyudi/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Masakan rumahan disebut-sebut masakan paling enak dan membuat kangen. Jadi kala jauh dari rumah, ingin rasanya cepat pulang atau mencari masakan rumahan di tempat yang dikunjungi. Nah, kalau Anda sedang berkunjung ke Jakarta, Kedai Jadoel di Jalan Rawa Domba, kav SKI 09, Raden Sawit, Jakarta Pusat. Kedai ini menyajikan masakan Indonesia dan beberapa diantaranya adalah masakan rumahan yang sangat terkenal pada masa 70’an.

Menu-menu Indonesia yang bisa ditemui di Kedai Jadoel yakni Chicken Wings dengan tiga varian rasa (Chesse/BBQ/Cabe Hijau), Ceker Crispy, Singkong Goreng. Bahkan makanan tersebut tidak hanya dinikmati ketika makan siang, tapi juga bisa dicoba ketika bersantai atau berdiskusi.

“Hampir setiap hari ada aja yang kesini, ibu-ibu yang lagi nunggu anaknya pulang sekolah. Kebetulan disini dekat sekolah. Kalau malam bapak-bapak kesini. Ada yang meeting, ada yang arisan,” ujar Chef Nisa selaku koki Kedai Jadoel.

Diantara menu-menu itu, Chicken Wings Cabe Hijau, Singkong Goreng dan Banana Nugget, paling banyak disukai. Bahkan sering dipesan untuk dibawa pulang kerumah. Chef Nisa yang sudah lama bergelut dalam bidang kuliner ini merekomendasi kepada kami untuk mencicipi hidangan rumahan jaman dulu ini. Semua makanan ini kami nikmati sambil bersantai di Kedai Jadoel.

Chicken Wings Cabe Hijau

Bagian sayap pada ayam ini adalah yang  paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Tidak hanya bentuknya yang kecil, namun daging yang terbilang sedikit sangat cocok dinikmati sebagai cemilan ringan. Apalagi sayap ayam ini dibalut dengan cabe hijau, paling banyak disukai oleh anak-anak. Namun tidak ada salahnya mencoba chicken wings dengan varian terbaru yaitu chicken wings cabe hijau.

Mendengar namanya aja pasti sudah membuat penasaran dan ingin tahu lebih banyak tentang makanan kuliner yang satu ini.

Ya, seperti namanya, Chicken Wings berbahan utama ayam yang dipanggang dan dibumbi dengan cabe hijau. Untuk membuat Chicken Wings, Chef Nisa menggunakan sayap ayam. Lalu bumbu seperti bubuk paprika merah, lada, garam, gula diaduk rata. Kemudian bumbu tersebut dibalurkan pada ayam dan didiamkan sekitar 30 menit agar bumbu meresap.

Untuk sambalnya mereka menggunakan cabe hijau, cabe rawit hijau dan tomat yang diblender dan ditumis hingga kental. Kemudian yang ayam tadi dimasak dengan bumbu yang sudah masak tersebut. memasaknya tidak perlu lama-lama. Chicken Wings Cabe Hijau siap disantap. “Menu ini sangat spesial, karena pedasnya sangat menendang,” ucap Chef Nisa.

Mencicipi Chicken Wings ini sebaiknya dimakan ketika masih panas. Pada suapan pertama, chicken wings sudah langsung membuat berselera. Bumbunya meresap ke dalam daging ayam, sementara cabe hijaunya membuat ketagihan. Tak cukup rasanya menikmati sepotong-dua potongsaja. Tak heran, masakan ini paling banyak disukai dan dipesan untuk dibawa pulang ke rumah.

Ceker Crispy

Bagi sebagian orang pasti tidak terlalu menyukai bagian dari ayam ini. Ya, ceker ayam. Mungkin pertama kali terbentik dalam benak adalah sajian ceker ayam yang hanya digoreng biasa. Tetapi hal tersebut salah besar karena ceker ayam dimasak dengan beberapa bumbu yang berbeda dari yang lain. Ceker terlebih dahulu di rebus hingga empuk, kemudian dibumbui dengan bawang putih, gula merah, setelah itu ayam dimasak. Ditambahkan air, chili sauce dan jahe akan membuat rasa yang berbeda pada sajian ini.

Saat dicicipi, rasanya membuat lidah bergoyang. Dagingnya lembut, sehingga mudah dikunyah, rasanya gurih, dan harum rempah-rempah. Tentu sangat lezat. Ada rasa manis dan gurih membuat santapan berselara.

Singkong Goreng Jadoel Bawang Putih

Di Indonesia cukup mudah untuk menemukan singkong. Umbi-umbian yang bisa menjadi makanan pokok pengganti nasi ini, dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, yang nikmat untuk disantap. Bila saat ini ada memiliki singkong, tetapi bingung mau dimasak apa. Mungkin ini bisa jadi referensi yang mudah tapi nikmat saat disantap.

“Singkong ini enak dimakan ketika sore hari, sajiannya pun juga menggunakan piring zaman dulu. Jadi bisa sembari bernostalgia,” jelas Chef Nisa

Singkong dipotong-potong memanjang, lalu direbus setengah matang dengan tambahan bawang putih. Setelah itu di frezzer selama satu jam, lalu digoreng hingga kecoklatan dan matang.

Saat dihidangkan, singkong goreng ditaburi dengan beberapa cabe rawit. Melihatnya sekilas, singkong goreng ini seperti masakan yang umum ada dimana-mana. Namun ketika menikmatinya, rasanya manis. Daging singkongnya terasa sangat empuk. (cr3)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kuliner #indoposmakan-makan 

Berita Terkait

WICSF 2018 Padukan Kuliner dan Fashion

Fashion

Makanan Khas Korea Merambah Lidah Pribumi

makanmakan

Makanan Khas Korea Merambah Lidah Pribumi

makanmakan

Ramen Hitam Bisa Jadi Pilihan

makanmakan

Ramen Hitam Bisa Jadi Pilihan

makanmakan

Godaan Kuah Pedas di Menya Musashi Bukotsu

makanmakan

IKLAN