Selasa, 25 September 2018 12:40 WIB
pmk

Lifestyle

Kreasi Menu ala Pelajar

Redaktur:

KREATIF-Pelajar di Jakarta Selatan mengikuti Lomba Cipta Menu Tingkat Jakarta Selatan 2018 di Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, Rabu (1/8). Foto: JOESVICAR IQBAL/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Para pelajar di Jakarta Selatan diajak mengasah kreativitas mereka dibidang kuliner. Melalui Lomba Cipta Menu tingkat Jakarta Selatan di Lotte Shopping Avanue, Rabu (1/8/2018), mereka diharuskan berkreasi menciptakan makanan pembuka dan penutup yang lezat.

Kasudin KPKP Jakarta Selatan Wachyuni menjelaskan, lomba cipta menu kali ini mengusung tema ”Menyajikan Kreasi Menu Keluarga yang Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA)”. "Dalam penyusunan menu harus memperhitungkan kebutuhan konsumsi pangan anggota keluarga, sesuai dengan pedoman gizi seimbang yakni angka kecukupan gizi rata-rata per kapita 2150 kkal perhari," terangnya.

Lomba ini berbasis daya lokal, kata dia, sehingga kedepannya dapat diterapkan pada menu keluarga. Sesuai dengan pedoman gizi seimbang, tujuannya untuk mengetahui pangan bermutu dan kreasi para pelajar.

Lebih jauh dia menjelaskan, kriteria penilaian meliputi, sisi kreativitas, kebersihan, penguasaan, serta cipta dan rasa. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Jakarta Selatan Sri Yuliani Saraswati menyebutkan, salah satu peserta ada yang membuat sushi dengan bahan rumahan.

”Dia memadukan ketimun, telur, dan mayonnaise untuk membuat sushi dan burger tempe. Bukan dari daging atau ikan. Menarik sekali,” ujarnya.

Diharapkan, melalui kegiatan ini bisa mengasah kemampuan pelajar meramu masakan. Sehingga, pelajar bisa menyalurkan hobi dan terhindar dari kegiatan yang negatif.

Bahkan, dia juga menyebut, tidak tertutup kemungkinan jika pemenang mendapatkan modal dari program OK OCE. Sehingga kelak mereka bisa membangun usaha kuliner dengan kreasi bermuatan lokal.

Dalam penilaian lomba cipta menu ini, lanjut dia, yang menjadi juara Kategori PKK jatuh kepada PKK Kecamatan Mampang Prapatan. "Untuk tingkat SMK diperoleh juara 2 SMKN 57," katanya. 

Sementara, untuk kelompok siswa SMA/SMK, juara pertama diraih oleh SMKN 30. Pemenang lomba tersebut kemudian akan mewakili wilayahnya untuk berlomba di tingkat Provinsi DKI Jakarta. (ibl) 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #lomba-cipta-menu 

Berita Terkait

IKLAN