Rabu, 26 September 2018 02:15 WIB
pmk

Jakarta Raya

BPJS Ketenagakerjaan Salemba Lakukan Pick Up Service Klaim JHT

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID – Keberadaan BPJS Ketenagakerjaan di tengah-tengah masyarakat Indonesia kian lama semakin terasa. Salah satunya  dengan kehadiran Pick Up Service klaim Jaminan Hari Tua (JHT).

Seperti yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Salemba Hal terhadap seorang peserta bernama Nicolas, pada Kamis (2/8/2018). Kepala Kantor Cabang (Kakacab) BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Salemba Amdaustri Putra Tura, mengatakan  pihaknya mendatangi kediaman pria berusia 75 tahun tersebut  untuk membantu mengajukan klaim JHT.

"Karena beliau ini datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk mencairkan saldo JHT nya bukanlah hal yang mudah. Mengingat kondisinya yang tidak lagi dapat berjalan dan hanya mengandalkan bantuan tongkat serta kursi roda," ujar Riri, panggilan akrab Amdaustri.

Dikatakan, Nicolas merupakan mantan pekerja di Lembaga Pelayanan Mahasiswa Indonesia. Dia bekerja selama hampir 45 tahun. Hingga akhirnya dirinya berhenti bekerja sejak Januari 2018. Kendati begitu dirinya belum dapat mengajukan klaim JHT karena terkendala kondisi kesehatannya. "Kami merespon kondisi tersebut dan bergerak cepat melakukan Pick Up Service klaim JHT ke rumah peserta," ucap Riri.

Menurutnya, dengan layanan Pick Up Service peserta yang berkebutuhan khusus tidak perlu lagi harus datang ke kantor untuk mendapat pelayanan. Namun sebaliknya justru petugas BPJS Ketenagakerjaan yang akan mendatangi tempat tinggal peserta dan melakukan proses pelayanan klaim secara langsung.

Menurut Riri, saat ini BPJS Ketenagakerjaan  menerapkan fasilitas antrean online. Sehingga peserta yang datang tidak harus menunggu lama.  "Namun tidak semua peserta memiliki kemampuan untuk datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan maupun ke kantor bank kerja sama untuk mencairjan JHT-nya," cetusnya.

Riri menyatakan kegiatan  Pick Up Service klaim JHT tersebut merupakan inovasi layanan pihaknya. Itu sebagai wujud nyata komitmen BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Salemba untuk memberikan pelayanan prima kepada peserta. Terutama, bagi peserta yang berkebutuhan khusus. “Kami akan terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada peserta tanpa mengurangi SOP pelayanan yang ada dalam peraturan yang berlaku,” ungkap   Riri.

Sementara itu bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan kegiatan Pick Up Service klaim JHT ini  sangat bermanfaat untuk mempermudah dan mempercepat proses pelayanan. Sebagaimana disampaikan oleh Markus putra dari  Nicolas.  Menurutnya kegiatan Pick Up Service klaim JHT ini sangat membantu bagi peserta.

Terutama bagi yang berkebutuhan khusus dan lanjut usia seperti ayahnya. Dia menilai selama proses pengajuan klain JHT di BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Salemba tidak ada kendala dan kesulitan yang dialami. "Kami berharap agar inovasi Pick Up Service klaim JHT ini diperluas penerapannya di cabang BPJS Ketenagakerjaan yang lain dan lebih disosialisasikan kepada masyarakat," ungkapnya.

Manfaat program  JHT BPJS Ketenagakerjaan berupa tabungan pasti yang dapat dicairkan setelah berhenti bekerja. Saldo JHT ini menjadi salah satu tumpuan bagi sebagian masyarakat untuk menikmati tabungan dan hasil pengembangan yang dikumpulkan  selama aktif bekerja. Tidak heran jika setiap hari jumlah peserta yang datang ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan untuk mengajukan pencairan saldo JHT semakin bertambah. (dni)


TOPIK BERITA TERKAIT: #bpjs-ketenagakerjaan 

Berita Terkait

Wow, RT/RW juga Wajib Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan

Nasional

Penyandang Disabilitas Cairkan JHT dengan Mudah

Jakarta Raya

Sadarkan Generasi Millenial Pentingnya Perlindungan Dasar

Jakarta Raya

Peserta BPJS Ketenagakerjaan Dapat Diskon Rawat Inap

Jakarta Raya

Pastikan Perlindungan Pekerja Konstruksi

Jakarta Raya

BPJS Ketenagakerjaan Ajak Investor Serbu Pasar Modal

Nasional

IKLAN