Senin, 24 September 2018 07:07 WIB
pmk

Hukum

KPK Fokus pada Tiga Aspek Strategi Pencegahan Korupsi

Redaktur: Ali Rahman

Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

INDOPOS.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambut Peraturan Presiden (Perpres) tentang strategi pencegahan korupsi. KPK fokus agar Perpres ini bisa bermanfaat langsung dirasakan oleh masyarakat.

"Prinsip dasarnya, kami menyambut Perpres tentang strategi pencegahan korupsi ini dan tentu kedepannya kita harus fokus agar Perpres ini bisa bermanfaat langsung dirasakan oleh masyarakat,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah, kepada wartawan, di Gedung KPK, Kamis (2/8/2018).

Febri menjelaskan, ada tiga cluster besar yang menjadi perhatian KPK yang nantinya akan dibahas lebih rinci dalam rencana aksi.

"Pertama, aspek keuangan negara, karena memang aspek ini harus benar-benar dijaga. KPK menangani sejumlah kasus di aspek ini karena proses perencanaan anggarannya sudah ada praktik ijon atau perencanaan tidak disusun sesuai dengan kebutuhan. Kemudian, aspek pembahasan anggaran seperti pengadaan barang dan jasa," terang dia.

Kedua, lanjut Febri, terkait dengan tata kelola dan perizinan menjadi perhatian KPK saat ini. Cukup banyak masalah yang kami temukan dari kasus yang kami tangani ataupun penelitian yang dilakukan KPK. Misalnya perizinan-perizinan yang sebagian disalahgunakan oleh kepala daerah.

Ketiga, KPK fokus kepada sektor yang bersentuhan langsung dengan hajat orang banyak dan juga pada sektor penegakan hukum. Penegakan hukum jadi perhatian penying karena ini salah satu yang menjadi concern bersama.

Diketahui, Perpres tentang pencegahan korupsi Nomor 54 Tahun 2018. Perpres tersebut baru saja ditandatangani Presiden Joko Widodo pada Jumat (20/7/2018).

KPK, KSP, Bappenas, Kemendagri, dan Kementerian PANRB yang tergabung dalam Tim Nasional Pencegahan Korupsi (Timnas PK) melaksanakan pertemuan sebagai simbol "kick off" teknis, pertemuan tersebut dilakukan di Gedung KPK Rabu (1/8/2018) malam. (cr-1)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kpk #febri-diansyah #perpres-pencegahan-korupsi-nomor-54-tahun-2018 

Berita Terkait

IKLAN