Rabu, 21 November 2018 05:10 WIB
pmk

Jakarta Raya

1.102 Pelanggar Sistem Ganjil Genap Ditilang

Redaktur:

LEWAT JALAN LAIN-Pengalihan arus lalu lintas yang dilakukan aparat kepolisian. Foto Ismail Pohan/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Tampaknya, masih belum ada kesadaran bagi warga Ibu Kota Jakarta terhadap perluasan sistem ganjil genap di Jakarta. Terlebih pada saat penerapan tindak tilang di tempat pada awal Agustus 2018 kemarin. Sebanyak 1.102 pelanggar terkena tilang di tempat. 

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf mengatakan, pada hari pertama diterapkan perluasan pembatasan kendaraan bermotor dengan sistem ganjil-genap, polisi menilang sebanyak 1.102 pelanggar. "Mayoritas mereka mengaku lupa kalau tanggal itu tanggal ganjil. 1.202 pelanggar kami tilang," ungkap Kombes Yusuf ketika dihubungi, Kamis (2/8) siang kemarin. 

Sementara, Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto mengatakan, pelanggaran aturan ganjil-genap paling banyak terjadi di penggal-penggal baru perluasan wilayah ganjil-genap. "Paling banyak di penggal baru, misalkan di Pancoran itu. Kalau penggal lama seperti Sudirman-Thamrin sudah tidak terlalu banyak pelanggaran," ulas AKBP Budiyanto.

Dia berharap masyarakat lebih tertib mengikuti aturan pembatasan kendaraan bermotor ini demi kelancaran Asian Games 2018. "Apalagi sudah dilakukan sosialisasi sebulan sebelumnya," tambah AKBP Budiyanto.

Perhelatan olahraga akbar Asian Games 2018 Jakarta-Palembang akan digelar 18 Agustus mendatang. Sejumlah cara dilakukan guna menyukseskan acara empat tahunan tersebut. Salah satunya dengan menerapkan perluasan sistem ganjil-genap tersebut. 

Uji coba perluasan ganjil-genap telah digelar 2 Juli lalu dan berakhir pada Selasa (31/7). Kemudian pada tanggal 1 Agustus 2018 perluasan ganjil-genap sudah mulai diberlakukan. Tindakan tilang di tempat dilakukan oleh ratusan petugas Lalu Lintas Polda Metro Jaya. 

"Aturannya memang seperti itu, jadi tidak ada lagi keringanan buat pelanggar," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, Senin (30/7) lalu. Perluasan wilayah ganjil-genap mobil pribadi sampai ke jalan arteri akan diberlakukan selama 15 jam per hari, mulai pukul 06.00 sampai 21.00 dari Senin hingga Minggu. (ibl) 


TOPIK BERITA TERKAIT: #ganjil-genap #perluasan-ganjil-genap 

Berita Terkait

IKLAN