Minggu, 23 September 2018 08:00 WIB
pmk

Nusantara

Pulau Cantik Gili Lawa di TN Komodo Hangus Terbakar, Polisi Gelar Penyelidikan 

Redaktur: Ali Rahman

Gili Lawa di Taman Nasional Komodo. Foto: jpg

INDOPOS.CO.ID - Sabana di Pulau Gili Lawa Darat yang merupakan bagian dari Taman Nasional Komodo di Manggarai Barat, NTT terbakar hingga mencapai 10 hektar.

Peristiwa itu terjadi pada Rabu malam (2/8) pukul 20.00 malam hingga Kamis (3/8). Beruntung petugas Balai Taman Nasional Komodo berhasil memadamkannya.

"Kuat dugaan api disebabkan ulah oknum pengunjung yang merokok di puncak Gili Lawa Darat," tulis akun oficial @komodo_national_park.

Setelah melakukan pemadaman api hingga Kamis dini hari kini petugas melakukan pemeriksaan pada pengunjung dan awak kapal yang diduga menjadi penyebab kebakaran itu.

Setelah diperiksa di lokasi, para terduga tersebut kemudian dibawa ke Labuan Bajo untuk diperiksa.

"Nanti akan diperiksa lebih lanjut di Polres Manggarai Barat," sambung pengelola akun tersebut.

Sementara itu Polda NTT menyebutkan sekitar 10 hektare lebih padang rumput hangus dilalap api. Padahal, kawasan tersebut menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan dalam dan luar negeri untuk berfoto dan mengabadikan sunset.

Dengan adanya insiden kebakaran tersebut, Polda NTT langsung melakukan penyelidikan. Polisi  menelusuri dugaan unsur kesengajaan dalam kejadian itu.

“Penyidik Polres Manggarai Barat masih melakukan pemeriksaan saksi yang mengetahui peristiwa kebakaran padang sabana di Gili Lawa,” kata Kabid Humas Polda NTT Kombes Jules Abraham, Jumat (3/8).

Ia menambahkan, penyelidikan digelar menyusul Laporan Polisi yang dibuat pihak Balai Taman Nasional Komodo (TNK) pada Kamis (2/8) pukul 18.15 waktu setempat.

Selain itu, Polres Manggarai Barat juga telah berkoordinasi dengan pihak Balai TNK untuk menutup sementara lokasi kebakaran di Gili Lawa. “Gili Lawa adalah adalah pulau kecil di depan Pulau Komodo yang biasanya ada wisatawan trekking sambil melihat sunset,” tandas Jules. 

Untuk diketahui Pulau Gili Lawa adalah salah satu destinasi cantik di Taman Nasional Komodo. Pulau ini menjadi tujuan para wisatawan domestik dan mancanegara untuk melihat sunset dan sunrise. (ind/jpg)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #gili-lawa 

Berita Terkait

Ekses Kebakaran, TN Komodo Ditutup Sementara

Nasional

IKLAN