Minggu, 18 November 2018 10:03 WIB
pmk

Politik

Besok, KPU Buka Pendaftaran Capres-Cawapres

Redaktur: Ali Rahman

Gedung KPU RI.

INDOPOS.CO.ID - Bakal calon presiden dan calon wakil presiden sudah bisa mendaftar ke KPU RI mulai besok, Sabtu (4/8/2018). Masing-masing pasangan kandidat diwajibkan hadir dalam proses pendaftaran tersebut.

"KPU mempersiapkan kapan saja didaftarkan (bacapres/cawapres). Kalau 4-9 Agustus pukul 08.00-16.00 kalau tanggal 10 Agustus sampai pukul 24.00 WIB," ujar Ketua KPU RI, Arief Budiman di kantornya, Jumat (3/8/2018).

Ia menyampaikan bahwa satu hari setelah melakukan pendaftaran, masing-masing paslon harus wajib memeriksakan kesehatannya di rumah sakit yang telah disiapkan KPU.

Ada empat rumah sakit yang telah disiapkan yakni Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) serta Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU). "Visitasi sudah dilakukan, hasil visitasi juga sudah keluar. Kami sudah menentukan sebenarnya. Tinggal konfirmasi kesiapan RS," kata Arief.

Selain itu, pada saat pendaftaran bacapres-cawapres, para pendukung masing-masing calon juga diperkenankan KPU ikut hadir, namun karena keterbatasan tempat KPU akan membatasi jumlah pendukung yang turut hadir meramaikan. Penyelenggara pemilu juga minta para pendukung menyampaikan informasi satu hari sebelum datang ke KPU.

Arief merinci, pihaknya telah menyiapkan 50 id khusus bagi para elit parpol yang mengawal kandidat saat mendaftar di ruang pendaftaran. Lalu untuk para pendukung KPU tempatkan luar gedung.

"Dibawah itu ada 120 orang diparkiran dengan tendan. Nanti kita siapkan tv screen, buat merka menyaksikan apa yang terjadi di dalam," pungkasnya. (jaa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pendaftaran-capres-cawapres #arief-budiman #kpu-ri #pilpres-2019 #pemilu-2019 

Berita Terkait

IKLAN