Selasa, 20 November 2018 03:11 WIB
pmk

Nasional

Diduga Gili Lawa Terbakar Akibat Putung Rokok, Ini Reaksi Menteri LHK

Redaktur: Ali Rahman

INDOPOS.CO.I D- Kebakaran hutan yang terjadi di Gili Lawa, kawasan Taman Nasional (TN) Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT) boleh saja padam. Tapi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya meminta kejadian tersebut diusut sampai tuntas.

"Saya sudah minta Dirjen KSDAE tangani kejadian ini secepatnya walaupun kebakarannya sudah mati. Saya perintahkan ada langkah yang jelas mengungkap penyebabnya, serta nanti upaya suksesi alam agar kawasan tersebut bisa hijau kembali," kata Siti pada awak media, di Jakarta, Jumat (3/8/2018).

Kebakaran di TN Komodo diketahui berdasarkan laporan masyarakat pada Rabu (1/8/2018) pukul 19.00 WIB. Setelah mendapat laporan tersebut petugas Resort Padar, Loh Sebita dan Labuan Bajo segera melakukan pemadaman. Api akhirnya berhasil dipadamkan pada pukul 03.10 dinihari tadi.

Balai Taman Nasional (TN) Komodo bersama Polres Manggarai Barat telah melakukan penyelidikan mengenai penyebab kebakaran. Beberapa saksi mata juga telah dimintai keterangan. "Jika memang ada faktor kesengajaan, tentu ada proses hukumnya. Kita usut tuntas, agar kejadian serupa tak lagi terulang," ujar politisi Nasdem itu.

Informasi dari lapangan, api diduga disebabkan oleh oknum pengunjung yang merokok di puncak Gili Lawa Darat. (riz)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kebakaran-hutan-di-gili-lawa #taman-nasional-pulau-komodo #nusa-tenggara-timur #menteri-lhk-siti-nurbaya 

Berita Terkait

IKLAN