Sabtu, 17 November 2018 07:44 WIB
pmk

Hukum

KPK Tunggu Capres dan Cawapres Laporkan LHKPN

Redaktur: Ali Rahman

Direktur Pendaftaran dan Pemeriksaan LHKPN KPK Cahya Hardianto Harefa (kiri) dan Jubir KPK Febri Diansyah (kanan). Foto: cr-1/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menunggu calon presiden dan wakil presiden (Capres-Cawapres) yang akan bertarung pada pemilihan umum presiden (Pilpres) 2019 mendatang untuk melaporkan harta kekayaannya.

"KPK siap melayani capres dan cawapres yang akan melapor ke KPK," ujar Direktur Pendaftaran dan Pemeriksaan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Cahya Hardianto Harefa di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (3/8).

Cahya mengatakan, siap melayani pelaporan LHKPN capres dan cawapres dari tanggal 4 Agustus 2018. Menurutnya, capres dan cawapres juga bisa melaporkan hartanya melalui online.

"Jadi bisa kita sama-sama di sini menyampaikan bahwa kepada tim dari capres cawapres bisa menghubungi kami melalui online di elhkpn.kpk.go.id," ujarnya.

Dia mengungkapkan, pihaknya siap memfasilitasi agar capres dan cawapres mendapatkan username dan password. Termasuk akan memberikan kontak telepon maupun WhattsApp untuk kemudahan tim dari capres dan cawapres dalam pelaporan harta.

"Jika ada yang ingin datang atau menyerahkan dokumen kelengkapan, kami juga siap menerima dari calon langsung atau tim yang membantu para calon," jelasnya.

Ketentuan pelaporan LHKPN para capres dan cawapres sendiri tertuang dalam Pasal 5 huruf f UU 42 Tahun 2008 tentang LHKPN. Pelaporan LHKPN juga menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh capres dan cawapres.

Cahya pun meminta agar capres dan cawapres untuk melaporkan hartanya sebelum tanggal 10 Agustus 2018. Tanggal tersebut merupakan batas akhir pendaftaran nama capres dan cawapres di KPU.

"Tolong jangan nanti mepet karena kita juga harus proses verifikasi, harus memastikan semua terisi lengkap, dan dokumen pendukungnya lengkap," kata Cahya. (cr-1)


TOPIK BERITA TERKAIT: #lhkpn #capres-cawapres-2019 #kpk-ri #cahya-hardianto-harefa 

Berita Terkait

Tak Cerminkan Sikap Pahlawan

Politik

Ratusan Pejabat Belum Lapor Kekayaan

Banten Raya

Arti Nomor Urut Capres - Cawapres Versi KPU

Politik

Jokowi-Ma'ruf 01, Prabowo-Sandi 02

Headline

IKLAN