Rabu, 26 September 2018 06:13 WIB
pmk

Nasional

Perdana, PERMIAS dan Diaspora Gelar Diskusi Antar Generasi

Redaktur: Ali Rahman

Menkominfo Rudiantara menyampaikan sambutan dalam acara '3 Generasi B3rkolaborasi untuk RI' di Jakarta, Sabtu (4/8/2018). Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID - Persatuan Mahasiswa Indonesia Seluruh Amerika Serikat (PERMIAS) dan Indonesian Diaspora Network-United (IDN-U) menggelar diskusi antar generasi di Jakarta, Sabtu (4/8/2018).

Diskuso bertema '3 Generasi B3rkolaborasi untuk RI' itu merupakan yang pertama kali digelar PERMIAS sejak pendiriannya pada tahun 1961 silam.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Rudiantara mengapresiasi acara ini. Menurutnya cara ini memberi ruang untuk menjelaskan dan menawarkan solusi yang dihadapi Indonesia, utamanya di sektor teknologi. "Di sini, PERMIAS dan Diaspora dapat terus berperan dalam memajukan Indonesia, menciptakan start-up, dan membuka lapangan kerja,” ujarnya.

Ketua Penyelenggara 'B3rkolaborasi', James Karnadi mengatakan, pada diskusi ini pihaknya menghadirkan pembicara lintas generasi dalam membahas tantangan dan peluang besar yang dihadapi oleh Indonesia saat ini.

"Berbagai tantangan dan peluang di Tanah Air telah dibahas secara detail mulai dari sosial, ekonomi, sampai teknologi. Segenap narasumber dan peserta sepakat untuk memberikan yang terbaik untuk Indonesia, baik dari sumbangan ide maupun kerja nyata,” jelasnya.

Selain menjadi ajang tukar pikiran, ini juga menjadi ajang pengembangan jejaring dan menambah relasi. Para alumni menjadi mentor terhadap generasi muda. Di sini mahasiswa dapat mengembangkan jejaring dengan mahasiswa di negara bagian lain di AS.

Ketua Umum PERMIAS Nasional, Aufa Amirulah mengatakan, kegiatan ini merupakan media untuk menjalin silaturahmi dengan para alumni dari universitas-universitas di AS serta membantu pemerintah dalam membuka akses informasi seluas-luasnya kepada masyarakat Indonesia mengenai pendidikan di AS.

Sementara, Presiden IDN-U, Herry Utomo menyambut baik kolaborasi dengan PERMIAS dalam memfasilitasi kontribusi Diaspora kepada Tanah Air. “Kami berkolaborasi dengan PERMIAS dalam acara ini karena kami percaya pentingnya perluasan jaringan, peningkatan pendidikan, kontribusi pemuda kepada Tanah Air, serta pentingnya jalinan konektivitas antar sumber daya Diaspora yang ada di luar negeri untuk berkolaborasi membuat kontribusi ke Tanah Air,” pungkasnya. (jaa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #persatuan-mahasiswa-indonesia-seluruh-amerika-serikat #diaspora #ketua-umum #indonesian-diaspora-network-united #herry-utomo #menkominfo-rudiantara 

Berita Terkait

IKLAN