Kamis, 15 November 2018 03:34 WIB
pmk

Politik

Relawan Jokowi Keluhkan Rendahnya Pendaftar Pemilu 2019 di Perth

Redaktur: Ali Rahman

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Co-Founder Alifuru Social and Enviromental Impact Organisation Based in Western Australia, Galt Leatemia mengatakan, pendafaran pemilih di Perth ibu kota Negara Bagian Australia Barat, untuk Pemilu 2019 masih rendah. Padahal jadwal pendaftaran akan ditutup tanggal 13 Agustus 2018.

Pendaftaran yang disediakan oleh Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) dapat dilakukan melalui media online, WhatsApp dan mengisi formulir. Menjelang satu minggu sebelum penutupan, lanjutnya, jumlah pendaftar Pemilu RI 2019 di Australia Barat masih rendah.

Salah satu yang berbeda dibandingkan dengan pendaftaran Pemilu 2014, pendaftaran Pemilu 2019 ini calon pemilih tidak dihubungi melalui surat yang dikirimkan ke rumah.

"Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) Australia Barat melalui website resminya (https://ppln-wa.org) per tanggal 4 Agustus, menyebutkan jumlah pendaftar sebanyak 3090 orang, pendaftar yang telah lengkap profilenya ada 2791 orang dan pendaftar yang sudah disetujui berjumlah 2586 orang," ujar Galth Leatemia di Jakarta, Minggu (5/8/2018).

PPLN mengumumkan Daftar Pemilih Sementara Luar Negeri (DPSLN) untuk Australia Barat sekitar 7000 orang pada tanggal 22 Juni 2018.

Menurutnya, Angka ini masih harus diverifikasi dalam proses pendaftaran dari calon pemilih yang sedang dilakukan. "PPLN menjelaskan bahwa DPSLN tersebut adalah hasil pengkinian data dari berbagai sumber seperti pendaftar baru, data pemilih Pemilu 2014 dan data WNI di Konsulat," ungkap Galth.

Menurutnya, Angka ini masih harus diverifikasi dalam proses pendaftaran dari calon pemilih yang sedang dilakukan. Mengingat waktu pendaftaran tinggal satu minggu lagi. Hal ini menimbulkan keprihatinan banyak kalangan termasuk para relawan Gerakan Wadyabala Jokowi (GWJ) di Perth,

Adapun informasi tersebut disampaikan oleh PPLN, kata dia, dalam acara pemaparan DPSLN serta dengar pendapat dan tanggapan masyarakat yang diselenggarakan pada tanggal 6 Juli yang lalu.

"Jumlah pendaftar baru mencapai 3090 orang dengan 2586 orang yang telah disetujui sebagai pemilih. Ini masih sangat rendah dibandingkan dengan potensi lebih dari 7000 orang yang tercantum dalam DPSLN," tukasnya. (cr-2)


TOPIK BERITA TERKAIT: #galt-leatemia #relawan-jokowi #jokowi-menuju-2019 

Berita Terkait

IKLAN