Minggu, 23 September 2018 03:44 WIB
pmk

Nusantara

Update Korban Gempa Lombok 91 Orang Meninggal

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Hingga Senin siang (6/8) pukul 12.00, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) korban jiwa meninggal dunia akibat gempa berkekuatan 7,0 SR sudah mencapai 91 orang dan dan 209 korban luka-luka. Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Adapun 91 korban jiwa tersebut yakni warga negara Indonesia, sampai saat ini BNPB belum memperoleh data wisatawan asing yang manjadi korban.

Sutopo juga mengatakan hingga Senin siang setidaknya sudah terjadi 132 kali kejadian gempa susulan. Menurutnya, kawasan Lombok Utara merupakan daerah yang paling parah terkena gempa bumi. Total terdapat 72 orang meninggal dunia dan 64 luka-luka. Titik episentrum gempa berada di lereng Gunung Rinjani pada kedalaman 15 KM di bawah tanah.

Namun dipastikan Sutopo, bahwa gempa yang terjadi Minggu malam (5/8/2018) tidak mempengaruhi aktivitas vulkanik Gunung Rinjani, serta  aktivitas vulkanik Gunung Agung di Bali.

"Gempa 7 SR tidak membangkitkan aktivitas vulkanik dari Gunung Rinjani maupun Gunung Agung.  "Artinya tidak terjadi peningkatan aktivitas (vulkanik)," ujar Sutopo di kantor pusat BNPB di kawasan Jakarta Pusat, Senin (6/8/2018).

Berdasarkan pemantauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, aktivitas vulkanik kedua gunung tersebut masih dalam kondisi normal. Kendati demikian Sutopo meminta masyarakat tetap waspada dan mengungsi ke tempat yang aman. (jpc/jpg/ind)


TOPIK BERITA TERKAIT: #gempa-di-ntb #tsunami #gempa-bumi #gempa-lombok 

Berita Terkait

IKLAN