Rabu, 14 November 2018 10:04 WIB
pmk

Liga Indonesia

Kamboja U-16 vs Indonesia U-16, Belum Saatnya Garuda Asia Bersantai

Redaktur:

David Maulana. Foto. DIPTA WAHYU PRATOMO/JAWA POS

INDOPOS.CO.ID – Indonesia memang bisa bernafas lega. Garuda Asia berhasil memastikan tempat di semifinal setelah mengalahkan Timor Leste tiga gol tanpa balas kemarin. Namun, bukan berarti bisa bersantai. Sebab, malam ini (5/8) mereka akan menghadapi Kamboja di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, dalam pertandingan terakhir babak penyisihan grup A.

Indonesia memang tanpa beban. Sebab, dengan hasil apapun, tidak akan menggoyahkan posisi mereka di puncak klasemen grup A. Begitu juga dengan Kamboja yang mengubur harapan untuk tiket semifinal.

Sejak Piala AFF U-16 tahun 2012 silam, kedua tim hanya dua kali bertemu. Semuanya berakhir imbang tanpa gol. Melihat hasil sepanjang babak penyisihan tahun ini, Indonesia memang lebih unggul. Tim asuhan Fakhri Husaini itu belum terkalahkan. Sementara Kamboja baru sekali menang dan tiga kali kalah.

Dengan situasi seperti ini, pelatih Fakhri Husaini memanfaatkan untuk merotasi beberapa pemain. Terutama bagi pemain yang sudah bertanding empat laga berturut-turut. Pemain yang akan diistirahatkan seperti stoper Fadilah Nur Rahman dan Komang Teguh.

“Pertandingan semifinal pasti jauh lebih ketat. Untuk itu menjaga kebugaran pemain itu sangat penting. Beberapa pemain butuh recovery.  Terutama yang terus bemain dalam empat laga berturut-turut,” kata pelatih asal Aceh itu.

Meski begitu, Fakhri juga tidak menyepelakan pertandingan malam ini. Sebab, baginya filosofi sepak bola adalah untuk menang. Ia tetap akan bermain dengan cara yang sama. “Hanya saja dengan pemain yang berbeda. Pertandingan besok (hari ini) sama pentingnya dengan empat pertandingan sebelumnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kamboja memang sudah tersingkir. Mereka berada di urutan keempat klasemen grup A dengan perolehan tiga poin. Sejak pertama digelar tahun 2002, prestasi terbaik Kamboja hanya sampai peringat keempat pada tahun 2016 lalu. Sisanya mereka selalu kandas dalam fase grup.

Meski begitu, Pelatih Kamboja Lee Taehoon akan berusaha menampilkan yang terbaik. Dengan memberikan permainan yang menarik, akan menjadi kepuasan tersediri bagi anak asuhnya.

“Indonesia memang tim yang kuat. Kemarin kami sudah kalah. Jadi, kami akan berusaha bermain lebih baik dan semaksimal mungkin,” kata Taehon. (gil/jpg)

Perkiraan Pemain

Kamboja (4-3-3) : 1-Kong Pheaktra (g); 2-Ry Leap Pheng, 3-Chhim Pichponloeu, 4-Lin Daradevid, 19-Oem Vinum, 6-Met Samel, 7-Ky Rina (c), 8-Chou Sinti, 13-Wut Tola, 14-Chon Chamroeum,20-Ean Pisey

Pelatih : Lee Taehoon

Indonesia (4-3-3): 21-Ernando Ari Sutaryadi (g); 2-Amirudin Bagas Kaffi, 12-Dandi Maulana, 16-Komang Teguh Trisnanda, 14-M. Reza Fauzan, 3-M. Yudha Febrian; 7-Amanar Abdillah, 6-David Maulana (c), 18-Brylian Negiehta; 20-Amiruddin Bagus Kahfi, 10-Rendy Juliansyah, 22-M. Fajar Fathur Rachman

Pelatih: Fakhri Husaini

Stadion: Gelora Delta, Sidoarjo

Live Indosiar Pukul 19.00 WIB


TOPIK BERITA TERKAIT: #timnas-indonesia 

Berita Terkait

Lawan Timor Leste, Siapkan Opsi Formasi

Liga Indonesia

Skema Tanpa Lilipaly

Liga Indonesia

Saddil Tetap Tak Dibawa

Liga Indonesia

Tak Masuk Timnas, Tak Masalah

Liga Indonesia

IKLAN