Rabu, 14 November 2018 12:05 WIB
pmk

Nusantara

Korban Gempa di Lombok Utara Banyak yang Belum Dievakuasi

Redaktur:

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di kantor BNPB.

INDOPOS.CO.ID - Dampak gempa bumi 7 SR di Nusa Tenggara Barat pada Minggu (5/8/2018) pukul 18.46 WIB memberikan dampak yang luas. Hingga Senin, (6/8/2018) tercatat 91 orang meninggal dunia akibat gempa, ratusan orang luka-luka dan ribuan rumah mengalami kerusakan.

Jumlah korban meninggal dunia, berasal dari Kabupaten Lombok Utara 72 orang, Kabupaten Lombok Tengah 2 orang, Kabupaten Lombok Timur 2 orang, Kabupaten Lombok Barat 9 orang, Kota Mataram 2 orang, dan Provinsi Bali 2 orang.

Total korban luka-luka 209 orang. Kabupaten Lombok Utara 64 orang, Kota Mataram 63 orang luka berat, 8 orang luka ringan, 37 orang dirawat di Rumah Sakit Siti Hajar, dan Provinsi Bali 17 orang.

"Data ini pasti akan bertambah, karena ada beberapa korban yang sampai saat ini belum berhasil dievakuasi," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di kantor BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Senin (6/8/2018).

"Contoh jamaah yang sedang melakukan salat isya, kejadiannya kan semalam saat salat isya di desa Lading-Lading, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, diperkiraan banyak korban yang belum dievakuasi karena tidak ada alat berat," tambahnya.

Meskipun jumlah korban di dalam masjid tersebut belum diketahui secara pasti oleh BNPB, tapi Sutopo mendapat informasi diperkirakan 2 hingga 3 saf.

Perlu diketahui untuk semua korban yang meninggal dunia merupakan warga negara Indonesia, sebagain besar korban meninggal akibat tertimpa bangunan roboh.

"Alat berat akan didatangkan, baik dari perusahaan disana untuk membantu proses evakuasi. Alat berat paling banyak dibutuhkan di Lombok Utara," Sutopo.

BNPB bersama BPBD, TNI, Polri, Basarnas, Kementerian PU Pera, Kemkes, Kemsos, Kemen BUMN, SKPD, NGO, relawan dan lainnya telah melakukan penanganan darurat. (cr-2)


TOPIK BERITA TERKAIT: #gempa-di-ntb #tsunami #gempa-bumi 

Berita Terkait

Tanah Labil, Rawan Gempa Bumi

Megapolitan

Wow, Ada ”Tsunami” di Karawang

Ekonomi

Kota Palu Terbanyak Korban Meninggal Gempa Sulteng

Headline

Pascagempa Sulteng 4 Daerah Masih Terisolasi

Headline

Yang Tersisa dari Musibah Tsunami di Sulawesi Tengah

Nasional

BNI Bangun 400 Huntara di Daerah Bencana

Nusantara

IKLAN