Minggu, 23 September 2018 12:26 WIB
pmk

Jakarta Raya

Jawara Pencak Silat Bakal Gebrak Jaksel

Redaktur:

BUDAYA BETAWI-Jawara pencak silat bakal unjuk gigi di Festival Tanjung Barat III, Jagakarsa, Jakarta Selatan, 11-12 Agustus mendatang. Foto: JOESVICAR IQBAL/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Ratusan jawara dan pendekar silat Betawi bakal unjuk gigi dalam Festival Tanjung Barat III di Jagakarsa, Jakarta Selatan, 11-12 Agustus mendatang. Acara yang diselenggarakan oleh Sahabat 49 bekerja sama dengan Persatuan Seni Pukul Betawi (PSPB) Tanjung Barat itu diharapkan bisa berlangsung meriah. 

Rencananaya, kegiatan tersebut bakal dihelat dua hari, Sabtu-Minggu. Kegiatan tersebut bertujuan untuk melestarikan kembali pencak silat sebagai khasanah budaya Betawi kepada masyarakat luas.

"Festival Tanjung Barat III dengan tajuk Jambore Pesilat Betawi adalah upaya menyatukan sanggar-sanggar silat yang ada di kelurahan Tanjung Barat juga pelestarikan budaya Betawi. Agar anak cucu kita jangan sampai tidak mengetahui budaya Betawi pencak silat ini," jelas Ketua PSPB H A Syaifuddin, disela-sela ngobrol dan latihan bareng Minggu (5/8).

Dikatakan Syaifuddin, masyarakat Tanjung Barat dan pesilat Betawi sangat menyambut baik penyelenggaraan acara FastivalTanjung Barat III tersebut. "Selain anggota PSPB juga akan hadir pesilat-pesilat Betawi dari beberapa wilayah yakni Depok, Condet, Bekasi, Kalibata mereka akan menampilkan kemampuan beladiri pencak silatnya," terang Syaifuddin.

Ditambahkan Ketua panitia Festival Tanjung Barat Dedhy Haryadi, saat ini sudah terdaftar para pesilat-pesilat tangguh yang ikut mengisi acara tersebut. "Penyelenggaraan Festival Tanjung Barat menggali semua potensi yang ada. Baik itu Pemprov DKI Jakarta, pihak swasta dan masyarakat Tanjung Barat seperti LMK, PKK, dan komunitas Ojol Gonggo. Sehingga menghasilkan kerja sama yang solid dengan semua pihak untuk sama-sama mensukseskan acara ini," ungkap Dedhy.

Selain menampilkan Jambore Pesilat Betawi, kegiatan itu juga akan dimeriahkan dengan pagelaran Wayang Kulit oleh Universitas Indraprasta PGRI, tari Betawi, senam gerakan Indonesia Sehat, bazaar, pengobatan gratis, dan konser musik bersama Jiep Pride band, Starplus band, Biang kerok band dan artis Elly Sugigi, Nora Pusvita.

"Juga ada edukasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba bersama Generasi Peduli Anti Narkoba," tutupnya. (ibl)

 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #pencak-silat #kebudayaan-betawi 

Berita Terkait

Warisan Budaya Taman Benyamin Sueb Segera Diresmikan

Jakarta Raya

Dapat Banus, Wewey Wita Ingin Buka Rumah Makan

Indosport

Masyarakat Betawi Harus Bangun Jakarta

Jakarta Raya

Menko Puan Bangga Atlet Pencak Silat Borong Emas

Nasional

Pencak Silat Benar-Benar Tambang Emas

Total Sport

IKLAN