Jumat, 21 September 2018 10:57 WIB
pmk

Megapolitan

Go Cat, Inovasi SBRC IPB Guna Menangkal Kucing Liar

Redaktur:

ALAT PENGUSIR-Peneliti SBRC IPB, Fifin Na-shirotun Nisya (tengah) ketika diwawancarai televisi swasta. Foto: istimewa

INDOPOS.CO.ID - Pusat Penelitian Surfaktan dan Bioenergi (SBRC) IPB mengembangkan inovasi alat pengusir kucing yang diberi nama ’Go Cat’. Teknologi ini telah diproduksi dan dipasarkan kepada masyarakat secara online.

Peneliti SBRC IPB, Fifin Na¬shirotun Nisya, mengaku banyak pihak protes SBRC IPB mencip¬takan alat yang dikira benar-benar untuk mengusir kucing.

Padahal, Go Cat hanya alat yang dibuat khusus untuk menangkal kedatangan kucing, terutama ku¬cing liar masuk ke rumah, pabrik atau hotel dan restoran.

”Bisa juga digunakan penyayang kucing sebagai alat untuk melatih kucing agar tidak buang air sem-barangan atau tidak memasuki area-area tertentu yang terlarang untuk hewan kesayangan tersebut,” katanya.

Go Cat terdiri atas dua jenis, yakni gel dan semprotan yang mengandung cairan beraroma minyak esensial (esensial oil) yang membuat kucing tidak berani mendekat area yang disemprot atau dipasang gel Go Cat.

Ada dua tipe Go Cat yakni tipe minyak esensial dan asam seperti kotoran harimau. Kedua tipe ini teruji dapat menghalau kucing dan berfungsi tiga hari. ”Aroma dari gel atau semprotan membuat kucing menjauh dan tidak berani mendekat, karena bukan daerah teritorialnya,” kata Fifin.

Awal mula alat ini diproduksi atas permintaan salah satu alum¬ni IPB yang ingin dibuatkan alat untuk mengusir kucing dari pa¬briknya. Kebetulan alumni ini punya pabrik pangan. Di pabrik itu harus bersih dan salah satunya tidak boleh ada kucing,” katanya. (lip/els/py/jpc)


TOPIK BERITA TERKAIT: #go-cat 

Berita Terkait

IKLAN