Selasa, 25 September 2018 06:46 WIB
pmk

Headline

Korban Meninggal Gempa Lombok Sudah 98 Orang

Redaktur: Redjo Prahananda

INDOPOS.CO.ID - Hingga Senin petang (6/8/2018) tercatat ada 98 orang meninggal dunia akibat gempa bermagnitudo 7 SR yang terjadi di Lombok NTB. Hal itu disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho.

"Kalau sebelumnya ada 91 orang meninggal dunia. Sekarang bertambah tujuh orang menjadi 98 orang, terdiri dari 92 orang di Lombok dan dua orang di Bali. Ketujuh orang tambahan yang meninggal itu adalah korban di Lombok Barat. Sebagian besar korban meninggal akibat tertimpa bangunan yang roboh. Sedangkan korban luka ada 236 orang," ujar Sutopo di Graha BNPB Jalan Pramuka Jakarta Timur, Senin (6/8/2018).

Ia menambahkan, hingga Senin petang diperkirakan ada sekitar 20 ribu orang pengungsi yang tersebar di berbagai lokasi pengungsian di Pulau Lombok.

Untuk lokasi paling parah terdampak gempa adalah kawasan Lombok Utara dan Lombok Timur. Menurut Sutopo, kalau pada saat gempa berkekuatan 6,5 SR pada Minggu pagi (29/7/2018) banyak rumah yang masih utuh atau hanya rusak ringan. Namun pada saat gempa Minggu malam (5/8/2018) rumah-rumah tersebut hancur dan nyaris rata dengan tanah.

Disampaikannya pula, jumlah korban meninggal dunia dan luka-luka diduga akan terus bertambah lantaran tim Sar gabungan belum sampai menyisir masuk ke pedalaman Lombok. "Cukup banyak desa-desa yang belum terjangkau tim SAR gabungan," pungkasnya. (jpg/jpc/ind)


TOPIK BERITA TERKAIT: #gempa-lombok #sutopo-purwo-nugroho #bnpb 

Berita Terkait

IKLAN