Sabtu, 22 September 2018 06:52 WIB
pmk

Nusantara

Atasi Kebakaran Lahan, Minamas Plantation Turun Tangan

Redaktur: Redjo Prahananda

OPERASI-Tim gabungan bersama tim pemadam PT Bahari Gembira Ria (BGR), salah satu anak perusahaan Minamas Plantation melakukan pemadaman lahan. Foto: IST

INDOPOS.CO.ID- MPA (Masyarakat Peduli Api) dan tim pemadam PT Bahari Gembira Ria (BGR), salah satu anak perusahaan Minamas Plantation bersama dengan tim Satgas Karhutla Kabupaten Muaro Jambi, Jambi berhasil memadamkan kebakaran di areal plasma PT BGR, SKJ 11 milik Kelompok Tani Maju belum lama ini. Selain pemadaman, tim juga melakukan pendinginan (mopping up).

Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muaro Jambi melakukan kaji cepat, pendataan dan operasi pemadaman. Api padam setelah dilakukan Operasi Darat selama dua hari.

President Director Minamas Plantation Haryanto Tedjawidjaya mengaku sangat menghargai kerja sama para tim gabungan (MPA, Polisi, TNI, tim tanggap darurat, BNPBD) di lapangan atas respon cepat untuk memadamkan api. “Kami akan terus berupaya mencegah terjadinya kebakaran di Indonesia, khususnya di Pulau Sumatera dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Asian Games tanpa asap pada bulan Agustus ini,” katanya.

Minamas Plantation, lanjut Haryanto, sampai saat ini terus memantau situasi yang berlangsung di seluruh lokasi perusahaan dengan seksama, pemantauan dilakukan setiap hari melalui sistem Plantation Location Intelligent Universal Management (PLATINUM) dengan menggunakan data-data dari satelit pada titik panas di peta area konsesi untuk dapat mendeteksinya dengan cepat. “Seluruh titik api yang terdeteksi akan segera dilaporkan kepada pihak berwenang dan prosedur yang sama juga diterapkan dalam standar operasional perusahaan,” jelasnya.

Untuk mencegah kebakaran lahan dan hutan khusus di Jambi, kata Haryanto, Minamas Plantation telah mengimplementasikan program pencegahan kebakaran berbasis desa dengan menggandeng tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Jambi (LPPM-UNJA). Sebanyak empat desa di Jambi telah menjadi Desa Mandiri Cegah Api di bawah program Universitas Jambi. Adapun desa-desa tersebut antara lain desa Arang-arang, desa Parit, desa Sumber Agung dan desa Gambut Jaya. (adl/aro/clr/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kebakaran-lahan #jambi #desa-mandiri-cegah-api #minamas-plantation #pt-bahari-gembira-ria 

Berita Terkait

IKLAN