Senin, 24 September 2018 04:54 WIB
pmk

Internasional

Suhu di Portugal 47 Derajat Celcius

Redaktur:

GELOMBANG PANAS – wilayah di Portugal suhunya naik hampir 47 derajat celcius pada Kamis dan Sabtu lalu. Foto: Net

INDOPOS.CO.ID - Setelah Jepang, kini gelombang panas mulai melanda Portugal. Beberapa hari terakhir pertambahan suhu panas mulai mencapai titik tertinggi, Portugal bahkan bersuhu 47 derajat Celcius pada Kamis dan Sabtu pekan lalu.

Gelombang panas mengakibatkan kekeringan dan memicu kebakaran hutan di Eropa. Kebakaran hutan di Swedia Juli lalu bahkan menewaskan 91 orang.

Beberapa wilayah di Portugal suhunya naik hampir 47 derajat celcius pada Kamis dan Sabtu lalu. Sedangkan rekor suhu panas tertinggi di Eropa sepanjang sejarah terjadi di Athena pada 1977 silam.

Kebakaran telah menghanguskan seribu hektar bagian hutan, area tersebut seluas lebih dari 1.200 lapangan sepak bola. Api menghanguskan wilayah perbukitan Maonchique yang terletak di wilayah selatan Algarve yang populer di kalangan wisatawan.

"Ini buruk dan mempertimbangkan kondisi cuaca yang tidak akan membaik hari ini," kata Komandan Perlindungan Sipil Kolonel Manuel Cordeiro seperti dilansir Gulf News.

Kebakaran hutan tahun lalu menewaskan total sebanyak 114 orang dalam tragedi terburuk Portugal sepanjang catatan dan pihak berwenang. Saat ini lebih dari 100 orang dari beberapa desa di sekitar Monchique dapat dievakuasi.

Melalui cuplikan berita di televisi, terlihat mobil-mobil yang terbakar serta bangunan-bangunan hangus. Pihak berwenang mengatakan, enam orang mengalami luka saat mencoba menyelamatkan diri dari kebakaran yang terjadi di Estremoz, wilayah yang terletak di dekat perbatasan Spanyol pada Sabtu, (4/8). (jpc)


TOPIK BERITA TERKAIT: #gelombang-panas 

Berita Terkait

Gelombang Panas Serang Jepang, 65 Tewas

Internasional

IKLAN