Kamis, 15 November 2018 03:18 WIB
pmk

Liga Inggris

MR10 di United jadi yang Termuda

Redaktur:

Marcus Rashford

INDOPOS.CO.ID - Teka-teki itu akhirnya terjawab. Manchester United tak mendatangkan pemain yang bisa mengisi lowongnya nomor punggung 10 sepeninggal Zlatan Ibrahimovic musim lalu. Terutama bomber yang bisa jadi kompetitor Romelu Lukaku. Nomor punggung 10 United akhirnya jadi milik the rising star Marcus Rashford.

Ya, nomor 10 resmi dipakai Rashford musim ini. “Debut” Rashford dengan nomor 10 itu sudah dimulai ketika United takluk 0-1 dalam laga uji coba pramusim lawan Bayern Muenchen di Allianz Arena, Muenchen kemarin WIB (6/8). Rashford, yang dilabeli MR10 setelah laga itu, tampil 65 menit dan gagal mencetak gol.

''Sebuah kehormatan mengenakan jersey dengan nomor punggung yang dipakai legenda-legenda United,'' ucap Rashford dalam status di akun Instagram-nya @marcusrashford. Dengan kepercayaan dari Jose Mourinho ini, maka Rashford menjadi pemilik nomor 10 termuda United  dalam era Premier League. Usia Rashford baru 20 tahun.

Selain jadi yang termuda, dibandingkan empat nama terakhir yang pernah jadi pengguna nomor punggung 10 di skuad The Red Devils, Rashford pun juga paling hijau. Rashford selama tiga musimnya di Carrington belum sekalipun mampu memberi trofi juara Premier League bagi United.

Bandingkan dengan Rooney yang bermodal Pemain Muda Terbaik Premier League versi PFA dua musim (2004-2005 dan 2005-2006) dan Golden Boy 2004 sebelum dipercaya menjadi pemilik nomor 10 United sejak musim panas 2007. Dibandingkan Teddy Sheringham dan Ruud van Nistelrooy, Rashford pun belum bisa disejajarkan.

Sheringham datang dan memakai nomor 10 United setelah matang di Nottingham Forest dan Tottenham Hotspur. Dia top scorer Premier League 1992-1993. Begitu pula dengan Rudtje, sapaan akrab Van Nistelrooy. Sebelum merapat ke Old Trafford dan memakai nomor 10, striker berkebangsaan Belanda itu sudah pernah jadi raja gol dua musim beruntun di Eredivisie musim 1998-1999 dan 1999-2000 ketika dia masih main di PSV Eindhoven.

Dengan Zlatan Ibrahimovic? Tentu Rashford kalah dari sisi pengalaman dan nama besar. Makanya, banyak fans United di dunia maya menyebut Mourinho berjudi dengan memercayai Rashford jadi pemilik nomor 10 United. Berbicara kepada MUTV, pelatih berjuluk The Special One itu menyebut Rashford sudah mengidam-idamkan jersey nomor 10.

''Dia yang menginginkannya,'' sebut Mourinho. Bahkan, kata Mourinho, impian untuk jadi pemilik nomor 10 United itu sudah berada di benak alumnus Akademi United tersebut saat masih ada Rooney dan Ibra. ''Dia menghormati Rooney. Setelah Rooney pergi, gantian Zlatan yang menginginkannya. Tentunya dia berada di balik bayang-bayang keduanya. Dia sudah menunggu kesempatan. Kini jersey nomor punggung 10 itu tersedia baginya,'' tutur Mourinho.

Usia yang masih muda tak dianggap Mourinho bakal membebani Rashford begitu diberi tugas jadi pemilik nomor punggung 10, nomor keramat. ''Kepercayaan yang fantastis bagi anak muda sepertinya. Beri kesempatan baginya, berikan jersey itu padanya,'' tambah pelatih berusia 55 tahun itu dalam situs resmi klub. Rashford jadi pemain asli Manchester pertama sejak David  Beckham yang pernah mengenakan jersey nomor punggung 10 itu pada musim 1996-1997.

Pernyataan Mourinho itu didukung Rooney. Bomber yang kini bermain di Major League Soccer (MLS) bersama DC United itu menganggap Rashford dan anak-anak muda United yang lain layak diberi kepercayaan lebih. Bukan lagi sekedar pelengkap starting eleven. ''So dua atau tiga tahun lagi mereka sudah matang, dan ini bagus bagi timnas Inggris,'' harap Rooney, seperti dikutip ESPN. (ren)


TOPIK BERITA TERKAIT: #manchester-united 

Berita Terkait

Terima Kasih, Alvarez

Liga Champions

Abaikan Aksi Songong Mou

Liga Champions

Pogba Janji Evaluasi Diri

Liga Inggris

Fans The Red Devils Penasaran dengan Tas Putih Paul Pogba

Liga Champions

CR7 Bikin Fans Setan Merah Lupakan Kekalahan

Liga Champions

Manchester United vs Juventus, Kawal Ketat Mantan

Liga Champions

IKLAN