Rabu, 19 September 2018 04:39 WIB
pmk

Politik

Satu Pasang Capres-Cawapres, KPU Bisa Perpanjang Masa Pendaftaran

Redaktur: Redjo Prahananda

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Memasuki hari ke-4 pendaftaran pasangan bakal capres-cawapres (paslon) belum satupun partai politik mendaftar ke KPU.

Kalau nanti cuma satu paslon mendaftar, penyelenggara pemilu bisa memperpanjang waktu pendaftaran paslon selama 2x7 hari.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan masa perpanjangan tersebut dilakukan secara bertahap, dimulai dari 1x7 hari. Kalau dalam waktu tersebut belum ada tambahan paslon, KPU akan menambah 1x7 hari lagi.

"Sudah diatur dalam Undang-Undang, itu diperpanjang 2X7 hari. Tapi tidak langsung 1X7 hari dulu, bila muncul pendaftar , kami stop, kalau tidak, kami tambah 1X7 hari lagi," terang Arief di Kawasan Harmoni Jakarta, Selasa (7/8/2018).

Poin ini juga telah tercantum dalam pasal 235 Undang-Undang Pemilu nomor 7 tahun 2017 tentang penetapan dan pengumuman paslon.

"Kalau terdapat 1 (satu) Pasangan Calon, KPU memperpanjang jadwal pendaftaran Pasangan Calon selama 2 (dua) x 7 (tujuh) hari," bunyi pasal 235 ayat (4) UU 7/2017.

Setelah perpanjangan pendaftaran namun cuma terdapat satu paslon maka tahapan pelaksanaan pemilu tetap dilaksanakan sesuai dengan ketentuan berlaku. “Bila tanpa pendaftar, maka calon tunggal tersebut akan maju meski dia sendirian," tegas Arief.

Namun bagi parpol tidak mengusung paslon dalam Pilpres 2019, Undang-Undang memberi sanksi berupa tidak diperbolehkan mengikuti gelaran Pemilu 5 tahun ke depan, seperti tertuang pada pasal 235 ayat (5).(jaa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pilpres-2019 #kpu #pendaftaran-pasangan-bakal-capres-cawapres-paslon 

Berita Terkait

IKLAN