Rabu, 26 September 2018 10:12 WIB
pmk

Hukum

Direksi Bank CCB Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Redaktur: Redjo Prahananda

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Lima direksi PT Bank China Construction Bank Indonesia Tbk (Bank CCB) dilaporkan oleh kuasa Fireworks Ventures Limited Edy Nusantara ke Bareskrim Polri. Dalam laporannya, Edy menduga telah terjadi dugaan pidana memberikan sumpah palsu dan keterangan palsu, serta menghambat penyidikan termasuk tindak pidana perbankan. 

Kuasa hukum Edy Nusantara, Berman Sitompul mengungkapkan laporan tersebut didasarkan adanya kejanggalan yang dilakukan Bank CCB.  Paslalnya di tengah persoalan hukum, CCB diduga melakukan pengalihan apa yang diklaim bank tersebut sebagai piutang atas PT GWP. 

Padahal, kata dia, seluruh piutang PT GWP yang dibeli Fireworks adalah piutang yang merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan, karena terhadap perjanjian pemberian kredit yang dulu diterima PT GWP tidak pernah di-addendum atau dilakukan perubahan mengenai penjualan atau penyelesaian piutang sebagian. 

Ketujuh bank sindikasi berikut agen sindikasi telah menyerahkan seluruh piutang kepada BPPN berdasarkan kesepakatan pada 2 November 2000.

"Karena itulah, klien kami melaporkan lima direksi Bank CCB tersebut ke Bareskrim," ungkap Berman dalam keterangannya, Selasa (6/8/2018).

Adapun, kelima direksi Bank CCB yang dilaporkan ke Bareskrim Polri yakni, berinisial YW, SS, JN, AT dan DAK. Laporan itu tertuang dalam Laporan Polisi Nomor: LP/B/918/VII/2018/Bareskrim, tanggal 27 Juli 2018. 

Laporan polisi itu merupakan kelanjutan dari laporan sebelumnya, yaitu Laporan Polisi Nomor : LP/948/IX/2016/Bareskrim, tanggal 21 September 2016 tentang dugaan pidana penggelapan sertifikat dengan terlapor Tohir Sutanto (mantan Direktur PT Bank Multicor/Bank Windu Kentjana Internasional Tbk/kini Bank CCB) dan Priska M Cahya (eksekutif Bank Danamon). Keduanya telah ditetapkan sebagai tersangka. Atas dugaan tindak pidana tersebut, Fireworks menaksir dirugikan sekitar Rp2 triliun.(ydh)


TOPIK BERITA TERKAIT: #bank-ccb #bareskrim-polri #dugaan-pidana-memberikan-sumpah-palsu-dan-keterangan-palsu 

Berita Terkait

IKLAN