Minggu, 23 September 2018 04:29 WIB
pmk

Liga Indonesia

Malaysia Jadi Lawan Indonesia di Semifinal Piala AFF U-16, Momen Hapus Memori Kelam

Redaktur:

Bagus Kahfi dan kawan-kawan diharapkan bisa memutus rekor buruk saat bersua Malaysia di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (9/8). Foto. GALIHCOKRO/JAWAPOS

INDOPOS.CO.ID – Timnas Malaysia U-16 tampaknya antusias menyambut pertandingan semifinal Piala AFF U-16. Skuad berjuluk Harimau Muda itu akan bertemu tuan rumah Timnas Indonesia  U-16 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (9/8).

Kemenangan atas Laos dengan skor 1-0, Selasa (7/8) sore, membawa Malaysia lolos ke semifinal. Mereka melaju dengan status runner up grup B. Karena itulah Malaysia akan menantang Indonesia, sang juara grup A.

Pelatih Malaysia U-16 Raja Azlan Shah Raja So'ib mengatakan, timnya sudah siap untuk bertanding di semifinal. Malaysia akan berusaha mendapatkan hasil maksimal, tak peduli berhadapan dengan tim mana pun

“Kami datang ke sini untuk bersaing. Kami siap melawan siapa saja, mau Indonesia atau Thailand. Sebab, kami datang ke turnamen ini untuk bersaing mendapatkan gelar juara,” kata Raja Azlan selepas laga melawan Laos.

“Yang terpenting sebenarnya langkah kami di ajang selanjutnya, yakni Piala AFC. Tetapi, turnamen ini juga bagus untuk pemain. Terima kasih untuk AFF. Turnamen ini ajang yang bagus untuk persiapan pemain kami,” lanjut mantan bek Perak FA itu.

Malaysia seakan menjadi momok menakutkan buat Indonesia. Dalam dua tahun terakhir ini, sudah dua kali Timnas Indonesia bertemu Negeri Jiran pada babak semifinal dan harus berakhir mengecewakan.

Pada 2017, Timnas U-23 Indonesia bersua Malaysia pada pergelaran SEA Games. Saat itu mereka harus takluk 0-1 dari Malaysia di babak semifinal. Nasib serupa juga dialami Timnas U-19 Indonesia pada Piala AFF U-19 2018 lalu. Bertanding di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, pasukan Indra Sjafri harus kalah lewat drama adu penalti.

Fakta ini harus menjadi pelajaran berharga buat Timnas Indonesia U-16.  Apalagi, pada laga uji coba 6 Juli lalu, Timnas U-16 juga takluk dari Malaysia U-16 di MBPJ Stadium, Petaling Jaya, dengan skor tipis 3-4.

“Kami berharap bisa memberikan yang terbaik buat masyarakat. Setelah Timnas U-19 hanya menempati urutan ketiga, kami sebagai adiknya ingin menutupi kekecewaan masyarakat kita,” kata Fachri Husaini.

Bagas Kahfi dan kawan-kawan bisa membuat bangga masyarakat Indonesia. Terlebih melawan Malaysia tentu ada hawa berbeda ketimbang laga dengan negara lain. Sebab itulah, Fachri memang datang langsung ke Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, untuk memantau pertandingan Laos lawan Malaysia, Selasa (7/8).

“Kami sudah melihat cara bermain Malaysia. Polanya juga sudah terlihat. Kemudian cara mereka menyerang dan bertahan pun sudah terlihat. Artinya kami sudah mempunyai gambaran kekuatan Malaysia,” ungkap pelatih asal Aceh itu. (ies/saf/jpc)


TOPIK BERITA TERKAIT: #timnas-indonesia 

Berita Terkait

Dua Persipura Gabung, U-19 Tinggal Tunggu Egy

Liga Indonesia

Iran vs Indonesia, Bukan Lawan Sembarang

Liga Indonesia

Ezra Walian Rindu Berkostum Garuda

Liga Indonesia

Luis Milla Dibebani Target Juara Piala AFF

Liga Indonesia

Timnas U-19 Mulai Tatap Piala AFC

Liga Indonesia

IKLAN