Jakarta Raya

KPKP DKI Awasi Pemotongan Hewan Kurban

Redaktur:
KPKP DKI Awasi Pemotongan Hewan Kurban - Jakarta Raya

MULAI BANYAK-Hewan kurban sudah mulai berdatangan dari berbagai daerah untuk persiapan Idul Adha mendatang. Foto: DOK/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta akan menerjunkan 813 petugas untuk melakukan sosialisasi. Sekaligus mengawasi proses pemotongan hewan kurban saat Hari Raya Idul Adha.

"Totalnya ada sebanyak 813 petugas yang akan melakukan sosialisasi dan pengawasan saat pemotongan hewan kurban," ujar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas KPKP DKI Jakarta Sri Hartati, Selasa (7/8). Sri menyebutkan, ratusan petugas tersebut berasal dari Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Institut Pertanian Bogor (IPB) sebanyak 300 orang.

Kemudian 20 petugas dari Kementerian Pertanian, 50 petugas dari Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI), 295 petugas dari Suku Dinas KPKP di lima kota, dan 148 petugas dari Dinas KPKP. Menurut Sri, 813 petugas dari Dinas KPKP DKI Jakarta akan diterjunkan untuk melakukan sosialisasi sekaligus memantau hewan kurban mulai dari H-10 hingga H+3 Hari Raya Idul Adha.

"Semua petugas itu akan kami sebar di semua wilayah. Dengan target untuk menjamin kesehatan hewan dan daging yang layak konsumsi," jelasnya.

Sebelumnya, KPKP Jaksel juga mengintensifkan pengawasan penjualan hewan kurban di empat titik. Empat titik yang dimaksud terdiri dari venue dan tempat latihan para atlet Asian Games XVIII.

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Selatan Wachyuni mengatakan, di wilayahnya ada satu venue dan tiga Gelanggang Olahraga (GOR) yang akan digunakan sebagai tempat latihan atlet. Masing-masing Golf Pondok Indah, GOR Soemantri Brojonegoro, GOR Ragunan, dan GOR Bulungan.

Di empat lokasi tersebut penjualan hewan kurban akan diatur agar nantinya tak menganggu jalannya pertandingan atau latihan atlet. "Kami bekerja sama dengan camat dan lurah untuk mengintensifkan pengawasan penjualan hewan kurban," ujarnya.

Menurutnya, langkah ini dilakukan sesuai instruksi Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali terkait pengendalian penampungan hewan kurban. "Pengawasan ini dilakukan agar para penjual tidak menjajakan hewan kurbannya di atas trotoar," tandasnya. (ibl)

 

Berita Terkait

Nasional / DJM Sumbang Sapi ke Rumah Padat Penduduk di Jakarta

Headline / Presiden: Idul Adha Momentum Berbagi untuk Lombok

Headline / Presiden: Idul Adha Momentum Berbagi untuk Lombok

Jakarta Raya / Best Western Mangga Dua Rayakan Idul Adha

Jakarta Raya / Momentum Idul Adha, Lulung Kurban 31 Ekor Sapi


Baca Juga !.