Selasa, 20 November 2018 01:05 WIB
pmk

Lifestyle

Berbagi Petualangan Lewat Buku

Redaktur:

PETUALANGAN ANAK-Artis Susan Bachtiar meluncurkan buku untuk anak yang terinspirasi buah hatinya, berjudul "Tristan: The Traveller" di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Sabtu (4/8) lalu. Foto: DEWI MARYANI/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Menjadi ibu, merupakan pengalaman berharga bagi setiap perempuan. Termasuk Susan Bachtiar. 

Menikmati perannya sebagai ibu, presenter ini mendapat inspirasi melalui anak semata-wayangnya, Tristan. Inspirasi tersebut dituangkan lewat sebuah buku berjudul “Tristan The Traveler”. 

Buku yang menceritakan petualangan tokoh Tristan dan Mumu dalam bahasa gambar ini, menjadi sangat menarik dan diharapkan mampu menggiring anak-anak menjauh dari gawai. ''Saya percaya, tradisi baca buku enggak boleh hilang. Apalagi saat anak-anak makin mudah meraih gawai. Kita sebagai orangtua lebih permisif meminjamkan telepon genggam, terutama saat lelah,'' ungkap Susan Bachtiar dalam acara peluncuran buku perdananya di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Sabtu (4/8) lalu.

Melalui “Tristan The Traveller”, Susan bercerita dan berbagi tentang apa yang Tristan temukan di tempat-tempat yang dia kunjungi saat traveling, melalui gambar. Menjadikan Tristan dan Mumu si Boneka Beruang sebagai tokoh sentral dalam buku bergambar ini, sebuah perjalanan petualangan selama liburan sekolah disampaikan dengan sangat menarik. 

Hal tersebut diharapkan mampu menambah wawasan anak-anak tentang tempat wisata yang menarik serta masing-masing keunikannya berdasarkan sudut pandang Tristan. ''Anak-anak pasti punya pandangan sendiri saat mereka berlibur, tentang sebuah tempat dan keunikannya. Kita sebagai orangtua pasti paham dan saya juga mencoba menyelami hal tersebut melalui anak saya Tristan,'' ungkap Susan.

Dia pun mengakui tidak mudah membuat sebuah buku cerita anak. Meskipun tokoh inspirasinya adalah anaknya sendiri.

''Sudah pasti menjadi sangat menantang ketika menuangkannya ke dalam sebuah naskah cerita. Perlu ‘bongkar pasang’ hingga berkali-kali sampai menjadi sebuah cerita yang nantinya juga akan mudah dicerna oleh anak-anak,'' tambahnya.

Gagasan untuk membuat buku ini muncul pada 2016, yang kemudian disambut dengan baik oleh Tommy Thomdean, seorang kartunis handal di Indonesia. Dia membantu menuangkan naskah cerita yang disusun Susan melalui bahasa gambar.  

Dalam proses pembuatan buku ini, Susan juga dipertemukan dengan Roosie Setiawan, selaku Founder Reading Bugs yang memperkenalkan metode ReadAloud atau Membaca Nyaring bagi para orangtua untuk membacakan buku kepada anaknya sejak usia dini. Saat inipun Pemerintah sedang menggiatkan Gerakan Literasi Nasional (GLN), dimana Gerakan Nasional Orang Tua Membaca Buku (GERNAS BAKU) 2018 merupakan salah satu Gerakan Literasi Keluarga yang bertujuan untuk membiasakan orangtua membacakan buku bersama anaknya.

Agar mempererat hubungan emosi antara anak dan orangtua, serta menumbuhkan minat dan budaya membaca anak sejak dini. ''Peran orangtua, khususnya Ibu, dalam memancing ketertarikan anak untuk gemar membaca sangatlah besar. Apalagi di zaman seperti saat ini, dimana anak terbiasa memegang ponsel. Pasti sulit banget mengalihkan perhatian anak dari ponsel," ucap Roosie.

Menurutnya, buku yang ditulis Susan sangat menarik. Sebuah terobosan karya yang bisa menggalakkan budaya baca pada anak.

"Ini adalah sebuah metode yang bisa merangsang minat baca pada anak,'' tambahnya. Susan percaya, bahwa seharusnya anak-anak Indonesia mendapatkan hak bertumbuh dan berkembang secara optimal. 

''Dan melalui penerbitan buku “Tristan The Traveler” maupun pengenalan metode ReadAloud kepada para ibu di Indonesia ini, diharapkan menjadi salah satu kontribusi yang positif untuk meningkatkan kembali minat baca, khususnya buku bagi anak-anak di Indonesia,'' jelas Susan. (dew)

 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #pendidikan #susan-bachtiar 

Berita Terkait

Merajut Kebersamaan untuk Sesama

Jakarta Raya

Moms, Ini Cara Mendidik Anak di Era Digital

Jakarta Raya

Caleg PSI Dorong Pendidikan Anti - Korupsi

Nasional

Harumkan Nama Kampus di Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi

kampus kreatif

Ilmuwan UI Diganjar Penghargaan Risetdikti 2018

kampus kreatif

Entrepreneur Week, Hasilkan Wirausaha Muda Inovatif

kampus kreatif

IKLAN