Minggu, 23 September 2018 08:18 WIB
pmk

Nasional

Menpar Arief Yahya : Gempa Lombok, 6 Ribu Wisatawan Asing Dievakuasi

Redaktur: Redjo Prahananda

Foto : Jawa Pos

INDOPOS.CO.ID - Kementerian Pariwisata memastikan tidak ada korban jiwa akibat gempa bumi yang menimpa wisatawan, khususnya wisatawan asing. Berdasarkan data yang dihimpun Kemenpar, wisatawan asing yang berhasil dievakuasi sekitar 6 ribu orang.

Menteri Pariwisata Arif Yahya mengatakan, semula data yang masuk ke Kemenpar jumlah wisatawan asing itu hanya 1.000 orang. Ternyata jumlah tersebut hanya untuk satu pulau yakni pulau Gili Terawangan. Sedangkan, secara keseluruhan dari tiga Pulau Gili, wisatawan asing yang berhasil dievakuasi mencapai 6 ribu orang.

“Semuanya berhasil dievakuasi sampai dengan Selasa kemarin,” katanya saat ditemui di Palembang, Selasa (8/8).

Ia mengaku, evakuasi pertama yang dilakukan yakni pada Senin (6/8) dimana untuk jumlahnya hanya 3 ribu wisatawan asing. Kemudian, dilanjutkan pada Selasa (7/8) sebanyak 3 ribu wisatawan asing. Sejauh ini tidak ada satupun wisatawan yang tidak dievakuasi.

Meskipun begitu, memang beberapa orang ada yang tetap memilih tinggal karena ingin bekerja di pulau tersebut.

“Wisatawan asing yang berhasil di evakuasi ini dialihkan banyak ke Bali, kemudian ke Jakarta dan ke Surabaya,” tutupnya.

Seperti diketahui, Minggu malam (5/8) gempa berskala 7.2 SR mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Akibat gempa tersebut, tercatat sedikitnya sudah 105 orang meninggal dunia, dan 236 orang menderita luka-luka. Selain itu 21 desa yang masih terisolir dan masih diupayakan untuk ditembus tim SAR gabungan. 21 desa yang masih terisolir itu berada di kawasan Kabupaten Lombok Utara, Lombok Timur.dan di Lombok Barat. (lim/jpc/ind)


TOPIK BERITA TERKAIT: #gempa-lombok #gempa-ntb 

Berita Terkait

IKLAN