Minggu, 18 November 2018 07:42 WIB
pmk

Kesehatan

Gara-Gara Medsos, Tidur Susah Nyenyak

Redaktur:

TIPS LELAP-Direktur Asia Tenggara Princess Cruises Farriek Tawfik di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (7/8). Foto: DEWI MARYANI/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Survei global pertama Princess Cruises di 12 negara, termasuk Indonesia menemukan, kebiasaan digital masyarakat Indonesia mempengaruhi mutu tidur mereka. Hasil survei tersebut menyebut, 62 persen penduduk melihat media sosial sebelum tidur. 

Hasil survei juga menunjukkan, bahwa Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk tertinggi diantara 12 negara yang disurvei, yang memeriksa media sosial sebelum tidur. Riset telah menunjukkan dampak cahaya biru pada perangkat nirkabel sebelum tidur dapat mengurangi mutu tidur seseorang.

Dibandingkan dengan Gen X dan Baby Boomers yang lebih memilih menonton televisi sebelum tidur, generasi Millennial di Indonesia cenderung beralih ke media sosial. Menariknya, meskipun penggunaan media sosial yang tinggi di negara-negara Asia lainnya, masyarakat di negara lain biasanya menolak untuk memeriksa media sosial sebelum tidur. Terlihat, bahwa hanya 23 persen masyarakat di Korea Selatan serta 24 persen masyarakat di Jepang yang bermain media sosial sebelum tertidur.

''Laporan Relaksasi (Relaxation Report) tahunan kesembilan ini, Princess Cruises memperluas studinya ke khalayak global. Yakni dengan menambah perwakilan dari Singapura, Taiwan, Jepang, Hongkong, Tiongkok, Korea Selatan, Indonesia, Malaysia, Vietnam, Inggris, serta Australia,'' ujar Direktur Asia Tenggara Princess Cruises Farriek Tawfik di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (7/8).

Menurut hasil survei dari Wakefield Research for Princess Cruises, orang dewasa pada umumnya tidak menyediakan waktu tidur atau rileks. Lebih dari setengah (51 persen) orang dewasa melaporkan bahwa mereka kurang tidur di malam hari. Sedangkan 80 persen orang dewasa menggunakan akhir pekan untuk menebus jam tidur yang hilang selama hari kerja.

Dr Michael Breus Ph.D, dokter tidur terkenal dari Hollywood pun memberikan tips bagi Anda yang ingin bepergian menggunakan kapal pesiar agar dapat tetap tidur dengan nyenyak. ''Pertama, miliki jadwal tidur dan bangun yang konsisten. Rencanakan waktu tidur yang sama seperti ketika Anda berada di rumah, tidak lebih dan tidak kurang. Usahakan untuk menjaga agar waktu tidur dan bangun Anda dilakukan secara konsisten meskipun Anda sedang berlibur,'' tukasnya.

Kemudian, makan pada jam yang tepat. Karena rasa lapar akan mengganggu jadwal tidur Anda ketika sedang berlibur.

Namun jadwal makan yang terlalu dekat dengan waktu tidur pun dapat mengganggu kualitas dan waktu Anda ketika beristirahat. Selain itu, usahakan memilih makanan atau minuman yang dapat membuat Anda tidur dengan mudah, jauhkan minuman beralkohol atau yang mengandung kafein agar bisa tidur dengan mudah. 

Ketiga, usahakan fisik tetap aktif. Menjaga agar tubuh Anda tetap aktif meskipun sedang berlibur dapat membantu mempercepat transisi tubuh dan membantu proses untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

Usahakn untuk mengatur waktu Anda agar tetap aktif secara fisik dan dilakukan secara konsisten untuk mendapatkan hasil maksimal. Terakhir, bersantai sebelum tidur.

Pilih kegiatan santai, seperti mandi air hangat atau membaca buku agar lebih mudah tertidur. Jika suka membaca, pilihlah buku yang berbentuk fisik daripada yang berbentuk digital karena buku digital yang biasanya terdapat di gadet atau smartphone malah memancarkan cahaya yang akan menstimulasi otak sehingga tetap terjaga. (dew)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kesehatan 

Berita Terkait

Jangan Biarkan Kanker Meredupkan Mimpi

Jakarta Raya

Hampir Capai Seratus Persen

Jakarta Raya

Anak Sering Mual dan Muntah, Waspadai Ginjal

Jakarta Raya

Radang Sebabkan Gigi Cepat Ompong

Jakarta Raya

Kuncinya, Gizi Seimbang Ditambah Susu

Jakarta Raya

Dehidrasi Sebabkan Batu Ginjal

Jakarta Raya

IKLAN