Minggu, 23 September 2018 05:57 WIB
pmk

Jakarta Raya

Kurangi Kemacetan, Lakukan Rekayasa Arus

Redaktur:

SIDAK - Jajaran Dinas Perhubungan akan melakukan ujicoba rekayasa lalu lintas di sekitar Jalan Pondok Labu, Kelurahan Pondok Labu, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Foto: Joesvicar Iqbal/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Berbagai cara dilakukan untuk mengurai biang kerok kemacetan arus lalu lintas di kawasan Pondok Labu. Seperti halnya yang dilakukan jajaran Dinas Perhubungan akan melakukan uji coba rekayasa lalu lintas di sekitar Jalan Pondok Labu, Kelurahan Pondok Labu, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, pada Selasa (7/8). 

Wakil Wali Kota Jakarta Selatan, Arifin mengatakan, rekayasa itu dilakukan untuk mengurai kemacetan arus lalu lintas dan memberikan kelancaran terhadap arus lalu lintas yang berada di jalur tersebut.

"Ini menjadi perhatian kita bahwa jalan sepanjang Pondok Labu terutama di sekitar tempat Pasar Pondok Labu, volume kendaraannya luar biasa memang. Karena itu, kita coba hari ini kemarin, lakukan, untuk adanya perubahan, rekayasa lalu lintas, khususnya bagaimana memberikan kelancaran dari arah Cinere yang masuk ke Pondok Labu, agar mereka tidak bertemu dengan kendaraan dari arah Fatmawati," ujarnya.

Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta, Christianto menjelaskan, dalam rekayasa arus lalin ini, nantinya kendaraan yang berasal dari arah Fatmawati menuju Pondok Labu dan Cinere, akan diarahkan ke Jalan Pinang, berlanjut ke Pinang 1, dan keluar di Jalan Satwa Raya.

"Memang sebelumnya secara situasional jalan sudah ditutup dari jam 06.00 WIB sampai jam 10.00 WIB. Namun kalau kita lihat, jam 10 dilepas, kendaraan masih crowded, masih macet. Makanya ini kita coba lakukan rekayasa lalin ini untuk dipermanenkan 24 jam," tegas Christianto.

Kemudian Arifin meminta kepada para petugas untuk selalu siap siaga dalam upaya melancarkan lalin di jalan tersebut. "Di titik-titik yang menjadi krusial kemacetan lalin. Ada anggota kita untuk membantu mengatur arus lalin," tegasnya.

Sementara itu, Kasudinhub Jakarta Selatan, Christianto menambahkan, pihaknya bekerja sama dengan pihak Kelurahan Pondok Labu, akan membuat sosialisasi kepada masyarakat, terkait dengan uji coba dan ketetapan permanen rekayasa lalin di Jalan Pondok Labu.

"Kita lihat dalam satu dua minggu di lapangan apa sih kekurangan dari yang kita terapkan itu, agar uji coba satu arah ini bisa optimal," pungkasnya.

Sebelum melakukan rekayasa lalu lintas, terlebih dahulu Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan, Arifin, Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Jakarta Selatan, Mamur, Camat Cilandak, Tomy Fudihartono, Kasatpol PP Jakarta Selatan, Ujang Harmawan, Kasudinhub Jakarta Selatan, Christianto, dan juga Lurah Pondok Labu Siti Fauziah membahas persoalan kemacetan di kawasan Pondok Labu tersebut. 

"Ya memang sehari-hari di perempatan Dapur Susu ke arah Cinere biang kerok macet. Di situ kan ada pasar juga kemudian angkot dan angkutam umum lainnya lalu ojek online dan ojek pangkalan lengkap kan," kata pengendara motor, Johan, 35, warga Depok siang kemarin. (ibl) 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #macet #dki-jakarta #rekayasa-lalu-lintas 

Berita Terkait

Pencurian Fasum Marak, Pemasangan CCTV Belum Maksimal

Jakarta Raya

Wajah Baru Jakarta, Mural Batik Betawi

Jakarta Raya

DKI Raih Juara di Pesparawi Nasional

Jakarta Raya

2030, DKI Target Zero AIDS

Jakarta Raya

Selamat, Jakarta Jawara We Love Cities 2018

Jakarta Raya

Urai Kepadatan, Pemberlakuan Contraflow Diperpanjang

News in Depth

IKLAN