Selasa, 13 November 2018 12:07 WIB
pmk

Nasional

PBNU : Mahfud MD Belum Pernah Jadi Kader NU

Redaktur: Redjo Prahananda

Pertemuan antara tokoh NU dengan para Kiai Sepuh dengan dihadiri Cak Imin membahas cawapres Jokowi di Kantor PBNU. Foto : Istimewa

INDOPOS.CO.ID - Ketua Umum PBNU Kiai Said Aqil Siradj menyebut Mahfud MD belum pernah menjadi kader NU meskipun latar belakang keluarganya merupakan warga NU.

Hal itu Aqil katakan usai bertemu Rais Aam PBNU KH Ma'ruf Amin dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di Kantor PBNU, Jakarta, Rabu (8/8/2018).

"Mahfud orang yang belum pernah menjadi kader NU. Dia nggak pernah, walaupun background keluarganya NU. Jadi belum pernah jadi aktivis NU," ucap Aqil.

Pertemuan antara Aqil, Ma'ruf dan Cak Imin pada kesempatan ini disebut membincangkan cawapres Jokowi yang mesti berasal dari kalangan NU. Hal itu diungkapkan Ketua PBNU Robikin Emhas.

Namun, Said menegaskan bahwa PBNU tidak akan terlibat dukung-mendukung cawapres atau terlibat politik praktis. Pasalnya, NU bukanlah partai politik.

Sebelumnya diberitakan, Ketua PBNU Robikin Emhas menyebut cawapres Jokowi mesti dari kalangan NU. Bila tidak, maka bukan tidak mungkin NU merasa tidak memiliki tanggung jawab moral untuk suksesi kepemimpinan Jokowi pada periode kedua.

"Pada pokoknya pesannya satu, kalau cawapres nanti bukan dari kader NU, maka warga Nahdliyyin merasa tidak memiliki tanggung jawab moral, jadi itu pesannya," ucap Robikin. (jaa)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #cawapres-jokowi #pbnu #said-aqil-siradj 

Berita Terkait

IKLAN