Sabtu, 17 November 2018 02:11 WIB
pmk

Headline

Gempa 6,2 SR Kembali Guncang Lombok

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Di tengah upaya evakuasi korban luka dan korban meninggal tim SAR Gabungan akibat gempa 7 Skala Richter (SR) di Lombok pada Minggu malam (5/8/2018) pukul 19.46 WITA. Kini gempa berkekuatan 6,2 SR kembali mengguncang Lombok.

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa tersebut terjadi Kamis siang (9/8/2018) pada 13.25 WITA atau pukul 12.25 WIB.

Pusat gempa berada pada 8,36 Lintang Selatan, 116,22 Bujur Timur atau tepatnya 6 KM Barat Laut Lombok Utara NTB. Disebutkan BMKG gempa berada pada kedalaman 12 KM. Meski tidak berpotensi tsunami, namun goyangan gempa disebutkan berlangsung sekitar 30 detik.

Akibat gempa tersebut, terjadi kepanikan luar biasa di seantero Lombok, termasuk di Kota Mataram. BMKG sendiri menyebutkan getaran gempa meliputi Lombok Utara, Lombok Tengah, Kota Mataram, Pulau Sumbawa, hingga mencapai Klungkung, Denpasar, dan Tabanan di Bali.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui akun twitternya @Sutopo_PN menuliskan saat gempa 6,2 SR terjadi, pengungsi dan masyarakat panik berhamburan keluar dari tenda-tenda maupun rumahnya.

"Beberapa bangunan tambah rusak. Masyarakat tambah trauma dengan gempa. Pengungsi dan masyarakat berhamburan keluar rumah merasakan guncangan keras dari gempa 6,2 SR pada 9/8/2018 pukul 12.25 WIB. Masyarakat masih trauma dengan gempa sebelumnya. Beberapa bangunan tambah rusak akibat gempa ini.

Gempa bumi susulan 6,2 SR baru saja terjadi di Lombok pada 9/8/2018 pukul 12.25 WIB. Pusat gempa 6 km barat laut Lombok Utara kedalaman 12 km. Tidak berpotensi tsunami. Guncangan dirasakan sedang hingga keras. BMKG mencatat gempa susulan hingga pagi tadi sudah 355 kali gempa," tandas Sutopo. (ind/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #gempa-lombok #gempa-ntb 

Berita Terkait

CBA Minta Pemerintah Tidak PHP Korban Gempa Lombok

Nasional

Gelar Acara Mewah, PHP Korban Gempa

Nasional

Kemensos Kehabisan Dana untuk Lombok

Headline

200 Unit Rumah Tahan Gempa Dibangun di Lombok

Nasional

Gerindra Pertanyakan Kelanjutan Bantuan Gempa Lombok

Nasional

IKLAN