Rabu, 26 September 2018 06:09 WIB
pmk

Ekonomi

Bantu Petani Jahe, BCA Terapkan Penyemaian Benih Jahe

Redaktur: Ali Rahman

Untuk mendukung tercapainya kedaulatan pangan di sektor pertanian. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berupaya memberikan kontribusi kepada para petani Indonesia, di daerah Pemalang dan Jepara. Dengan menerapkan tehnik penyemaian benih Jahe Emprit.

INDOPOS.CO.ID - Untuk mendukung tercapainya kedaulatan pangan di sektor pertanian. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berupaya memberikan kontribusi kepada para petani Indonesia, di daerah Pemalang dan Jepara. Dengan menerapkan tehnik penyemaian benih Jahe Emprit.

Akan dibuatkan lahan seluas 5 hektar, untuk penanaman Jahe Emprit secara organik dan pembuatan pupuk organik baik padat maupun cair. Hal ini akan mendorong implementasi hasil pelatihan dan sosialisasi dengan gerakan menanam jahe di sentra-sentra para petani tradisional

"Oleh sebab itu, sebagai institusi yang juga dekat dengan masyarakat, kami ingin memberikan kontribusi lebih kepada para petani di Indonesia," ujar Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Suwignyo Budiman, disela-sela acara penyerahan bantuan pembinaan dan penyaluran KUR, Jakarta, Selasa (7/8/2018).

Suwignyo menjelaskan, lahan yang digunakan sebagai edukasi langsung, kerja praktik, study banding serta sharing knowledge, antar kelompok tani dan melakukan perbandingan antara teori dan kenyataan di lapangan.

“Tentunya kami berharap pemberian bantuan dan penyaluran kredit kepada kelompok petani Jahe ini dapat berkontribusi dalam memudahkan akses finansial untuk UMKM di bidang pertanian," tutur Suwignyo, kepada INDOPOS, melalui pesan tertulisnya, Kamis (9/8/2018).

Lebih jauh, Suwignyo menilai potensi komoditas pertanian di Indonesia sangat besar untuk dikembangkan, salah satunya adalah komoditas jahe. Namun, hal ini memerlukan pengembangan terintegrasi bersama petani untuk meningkatkan produksi jahe.

Selain untuk kesehatan, jahe juga memiliki manfaat besar lainnya bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia, bahkan hingga mancanegara.

"BCA mengambil langkah untuk bersama-sama mendukung petani jahe emprit di Pemalang dan Jepara untuk menumbuhkembangkan usahanya sehingga mampu berdampak bagi kemakmuran masyarakat,” tukas Suwignyo. (cr-2)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #petani-jahe #bank-bca #suwignyo-budiman 

Berita Terkait

IKLAN