Selasa, 25 September 2018 04:17 WIB
pmk

Hukum

Diperiksa KPK, Dirjen Otda: hanya Ditanya Mekanisme Otsus

Redaktur: Ali Rahman

Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Soni Sumarsono usai diperiksa KPK sebagai saksi Irwandi Yusuf pada kasus dana otonomi khusus Aceh, Kamis (9/8/2018). Foto: cr-1/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah selesai melakukan pemeriksaan terhadap Soni Sumarsono selaku Direktur Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri. Soni diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Gubernur Aceh nonaktif, Irwandi Yusuf.

Saat keluar dari Gedung KPK dan dimintai keterangannya atas pemeriksaannya, Soni mengatakan,”KPK ingin tahu regulasi peraturan mengenai Dana Otsus (Otonomi Khusus Aceh), bagaimana otsus, mekanisme sepertia apa,”ujar Soni kepada wartawan usai diperiksa KPK, Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Soni menjelaskan berbeda otonomi daerah dengan otonomi khusus,”Kalau aceh beda, undang-undangnya juga, kalau aceh ada di undang-undang 11,”tandasnya

Dana khusus memang alokasinya perlu peraturan Gubernur,”makannya Gubernur punya power untuk itu,”tambah Soni

Pengawasan pemakaian Otonomi Daerah berada di bawah pengawasan Inspektorat Daerah bukan di Dirjen Keuangan. “Kita hanya regulasi otaua saja, mengenai syariat islam disana bagaimana dan urusan-urusan daerah seperti apa, kita tidak pada ranah pengawasan,”kata Soni. (cr-1)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kpk #dirjen-otda-kemendagri-ri #sumarsono 

Berita Terkait

IKLAN