Jumat, 19 Oktober 2018 10:16 WIB
pmk

News in Depth

Konsumsi Vitamin dan Buah, hingga Konsultasi ke Dokter

Redaktur:

Dr dr Iris Rengganis, Sp PD KAI Ahli Alergi Immunologi Klinik Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM

INDOPOS.CO.ID - Beragam cara dilakukan seseorang yang mengalami serangan alergi parah, untuk bisa sembuh dari penyekitnya. Mulai dari memgkonsumsi vitamin, berkonsultasi ke dokter, menjaga asupan sejumlah makanan, hingga berolahraga pun dilakukan. Akibat hal itu penyakit yang berbahaya ini dapat mereka sembuhkan dengan cepat.

Hal itu diungkapkan penderita alergi angin, Bima Putra yang berdomisili di Tangerang Selatan (Tangsel). Kata dia, dalam mengatasi serangan alergi yang di deritanya selama lima tahun belakangan adalah mengkonsumsi buah dan vitamin. Kemudian, mengurangi kegiatan pada malam hari yang kerap membuat kulitnya membengkak.

“Karena saya tahu badan ini sensitif, makanya hal-hal yang bersentuhan dengan outdor saya kurangi. Pernah semua badan saya bengkak karena alergi angin. Harus tau cara menanganinya karena tidak mudah,” tegasnya kepada INDOPOS, saat dikonfirmasi, Rabu (08/08).

Tak sampai di sana, pria bertubuh tambun ini juga melengkapi diri dengan beberapa terapi untuk memulihkan penyakit alergi angin yang di derita. Diakuinya, sejak mengkonsumsi buah dan vitamin ini membuat penyakitnya tersebut tak lagi kambuh. Namun begitu, asupan makanan itu tetap dikonsumsinya untuk menjaga daya tahan tubuhnya agar tetap bugar.

“Tetap dilakoni karena tidak tau kapan badan lemah. Jangan sampai sudah sembuh malah tidak dilanjutkan. Jadi tetap harus waspada juga,” imbuhnya.

Lain dengan Andi Muslimin yang mengalami alergi makanan seperti telur. Kata dia, untuk memilihkan penyakit tersebut dirinya harus menjalani konsultasi ke dokter selama tiga tahun. Dan kata dia, hasil konsultasi itu membuat alergi tersebut sembuh total.

“Ada pantangan makanan yang tidak saya konsumsi biar tidak kambuh. Sangat sakit kalau sudah kambuh, karena gatalnya sampai badan panas tinggi. Tiap bulan ke dokter periksa biar memastikan aman,” tururnya.

Ditambahkannya, salah satu yang dijalaninya adalah dengan berolahraga. Kata dia, dengan kegiatan olah fisik ini dapat menurunkan protein berlebih di dalam tubuh. Dia menegaskan, jika hal itu dilakukan oleh para penderita alergi parah akan mendatangkan kesembuhan bagi tubuh.

“Harus, karena akan menetralkan peredaran darah dan mengeluarkan zat adiktif dalam tubuh melalui keringat. Paling lari-lari sekitar rumah, cukup 20 menit buat keluarkan keringat saja,” pungkasnya. (cok)


TOPIK BERITA TERKAIT: #penyakit-alergi #kesehatan 

Berita Terkait

Malas Cuci Tangan, Penyakit Mengintai

Jakarta Raya

Merdeka dari Kuman, Kenapa Tidak

Jakarta Raya

Dewan Bakal Panggil Dirut RSUD Ciawi

Megapolitan

Kanker Paru, Sering Dikira TB

Jakarta Raya

Susu Sapi Kunci Kulit Putih Wanita Jepang

Jakarta Raya

Basmi Rabies di Jakarta

Jakarta Raya

IKLAN