Liga Indonesia

Indonesia vs Thailand, Momen Cetak Sejarah

Redaktur:
Indonesia vs Thailand, Momen Cetak Sejarah - Liga Indonesia

Pemain Timnas Indonesia Amirudin Bagus Kahfi merayakan golnya ke gawang Malaysia di semifinal Piala AFF U-16 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (9/8). DIPTA WAHYU/JAWA POS

INDOPOS.CO.ID – Selangkah lagi Indonesia mencapai sejarah baru. Apalagi ini merupakan momen untuk mengawinkan gelar juara Piala Jenesys 2018 yang berhasil diraih pada Maret lalu di Jepang. Malam ini, Indonesia menghadapi Thailand di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo (siaran langsung Indosiar pukul 19.00 WIB).

Tekad meraih gelar juara pertama kali begitu besar. Sejak pertama kali diadakan tahun 2002 lalu, posisi terbaik Indonesia adalah menjadi runner up. Itupun dikalahkan oleh musuh bebuyutannya, Malaysia dalam drama adu penalti 1-1 (3-2).

Namun, dendam tersebut akhirnya terbalas saat semifinal Kamis lalu (9/8). Akhirnya Indonesia berhasil menang tipis satu gol atas Malaysia.

Sementara itu, Thailand lebih berpengalaman. Tim Gajah Putih itu sudah tiga kali mencicipi gelar juara. Yaitu, pada tahun 2007, 2011, dan 2015. Sama seperti Indonesia, Thailand belum terkalahkan selama kompetisi tahun 2018 ini. Kedua tim sama-sama perkasa dengan menjadi juara grup.

Pertemuan kedua tim sudah bukan hal baru. Sudah lima kali pertemuan yang terjadi. Thailand mengemas tiga kali kemenangan. Sementara Indonesia dua kali. Terakhir kali kedua tim bertemu saat penyisihan Piala AFC U-16. Saat itu Indonesia berhasil mengalahkan Thailand 1-0.

Pelatih Indonesia Fakhri Husaini menyebutkan, kekuatan tim hampir sama. Terbukti mereka pernah saling mengalahkan pertemuan selama tahun 2017. “Ini bukan hal baru. Kami sudah saling mengetahui kekuatan masing-masing. Materi pemain Thailand tidak jauh beda seperti tahun lalu,” ungkap Fakhri.

Lebih lanjut, Fakhri mengatakan, kebugaran pemain menjadi kunci utama dalam pertandingan malam ini. Apalagi, Indonesia siap tampil dengan kekuatan penuhnya. Ujung tombak masih menjadi tempat striker Bagus Kahfi. Saat ini ia menjadi top scorer Piala AFF U-16 dengan raihan 12 gol.

”Yang cepat melakukan proses recovery, itulah pemenangnya. Saya bersyukur latihan hari ini (kemarin) berjalan dengan baik. Tidak ada pemain yang dalam kondisi cedera serius. Semua pemain sudah siap diturunkan,” imbuhnya.

Sebaliknya, Pelatih Thailand Thongchai Rungreangleas menyikapi pertandingan malam ini dengan tenang. Meskipun begitu ia mengakui ada beberapa hal yang masih harus diperbaiki dalam timnya.

“Kami sudah melakukan analisis dengan melihat pertandingan mereka (Indonesia). Tentu saja mempersiapkan segala sesuatu yang kami butuhkan untuk mengalahkan Indonesia. Kami sudah sangat siap dengan pertandingan besok (hari ini),” kata  Rungreangleas. (gil/jpg)

Berita Terkait

Liga Indonesia / Melatih Timnas, McMenemy Ingin Gali Potensi Pemain

Liga Indonesia / Evan Fobia Naik Pesawat

Liga Indonesia / Ingin Lakukan Penebusan

Liga Indonesia / Momentum Juara

Liga Indonesia / Bola Salju Kongres

Liga Indonesia / Akhir Buruk Skuad Garuda


Baca Juga !.