Kamis, 15 November 2018 03:06 WIB
pmk

Liga Inggris

Kiper dan Pelatih Burung Berkicau

Redaktur:

Kepa Arrizabalaga

INDOPOS.CO.ID - MULTITALENTA. Ya, satu kata itulah yang bisa diberikan penjaga gawang termahal di dunia, Kepa Arrizabalaga. Kepa tak hanya punya bakat sebagai pesepak bola yang bermain di posisi 1. Kepa pun ternyata juga bisa melatih. Berbakat bukan? Tapi sayang, bakatnya sebagai pelatih itu bukan pelatih sepak bola.

Bukan juga pelatih manusia. Lha terus? Kiper yang didatangkan Chelsea banderol tinggi GBP 71,8 juta (Rp 1,32 triliun) tersebut ternyata punya riwayat sebagai pelatih burung berkicau semasa dia masih berusia belasan tahun. Saat itu dia masih jadi kiper di akademi sepak bolanya Athletic Bilbao.

''Saya melatih burung berkicau itu di manapun saya bisa melakukannya, di antara waktu-waktu saya latihan dan belajar,'' ungkap Kepa, seperti dikutip The Sun. Bahkan, sebagaimana di Mundo Chronicle dilaporkan, Kepa kecil sudah memulai bakatnya sebagai pelatih burung itu di saat usianya baru lima tahun.

Itu karena ayahnya, Peio Arrizabalaga, juga hobi berburu burung dan melatihnya sebagai burung berkicau. Kepa kecil selalu membantu ayahnya membersihkan kandang dan mengambil burung pipit emas yang sembunyi di semak-semak. Tak sekadar melatih, Kepa kecil juga sudah sering membawa burung kicaunya mengikuti kontes-kontes.

Pada 2008 dan 2010, Kepa kecil dinobatkan sebagai Jawara Burung Berkicau di Propinsi  Biscay -propinsi tempat Bilbao berada. Tiga burung berkicau yang jadi jagoannya, Oker, Rocky dan Raikkonen. Oker jadi andalannya karena pernah memberinya gelar juara kontes berkicau di Biscay.

Sayang, sejak 2016 ketika dia meneken kontrak dengan Los Leones, dia sudah tidak lagi menekuni bakat kecilnya itu. Meski begitu, dia masih memelihara tiga burungnya itu. Oker pun masih jadi andalan ayahnya mengikuti kontes-kontes burung berkicau. ''Padahal semula pikiran saya merasa dia akan jadi pelatih burung berkicau, bukannya jadi kiper seperti sekarang,'' klaim ibundanya, Maria Angeles, dikutip Mundo Deportivo.

Itulah kenapa di balik kiprahnya sebagai kiper termahal dunia, Kepa tetap punya julukan El Jilguero, atau Si Pipit Emas. Sayangnya lagi, kepindahan Kepa ke London Cobham pun juga tak bersama dengan ketiga burung kesayangannya itu. London Evening Standard menyebutkan, Kepa tak diperbolehkan pihak imigrasi Inggris membawa binatang peliharaan masuk ke daratan Inggris. Coba kalau dibolehkan, dan The Blues memberikan dia waktu mengikuti kontes-kontes burung berkicau, jangan-jangan Kepa akan jadi Raja Burung Berkicau-nya London. (ren)


TOPIK BERITA TERKAIT: #chelsea 

Berita Terkait

Mourinho Spesialis Laga Besar

Liga Inggris

Fans Chelsea Bersyukur si Gurita Itu Sudah Pergi Jauh

Liga Inggris

Chelsea vs Liverpool, Pembuktian Dua Kiper Termahal

Liga Inggris

Chelsea Menang Tipis di Negeri Para Dewa

Europa Ligue

IKLAN