Selasa, 25 September 2018 06:22 WIB
pmk

Jakarta Raya

Pastikan Hewan Kurban Bebas Penyakit

Redaktur:

DIPERIKSA - Sejumlah petugas Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian, tengah melakukan pengecekan hewan kurban, di Jakarta Selatan, Jumat (10/8). JOESVICAR IQBAL/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Menjelang Hari Raya Idul Adha, hewan-hewan kurban di DKI Jakarta harus bebas dari penyakit. Untuk itu jajaran Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP), terus melakukan pemeriksaan antermortem terhadap hewan kurban yang berada di penampungan hewan di wilayah Jakarta Selatan, Jumat (10/8).

Kepala Sudin KPKP Jakarta Selatan, Wachyuni mengungkapkan, pemeriksaan penampungan hewan kurban dilakukan pada H-13 sebelum Idul Adha 1439 H/2018, tepatnya 9 Agustus 2018 sampai dengan 21 Agustus 2018. Pemeriksaan tersebut dilakukan, untuk memastikan hewan kurban dalam keadaan sehat.

"Pemeriksaan akan dilakukan di seluruh penampungan hewan kurban di 10 Kecamatan dengan melibatkan 40 petugas," kata Wachyuni, Jumat (10/8).

Wachyuni menjelaskan, pihaknya akan mengawali pemeriksaan hewan kurban terkait dengan kelengkapan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dan juga memeriksa surat jalan dari daerah asal. Kemudian, hewan kurban juga akan dilakukan pemeriksaan sesuai syariat islam yaitu sehat, cukup umur, dan tidak cacat.

"Jika ditemukan hewan kurban tidak sesuai syariat Islam maka akan diberikan tanda khusus atau tanda plus dengan pilox warna merah yang menandakan bahwa hewan tidak bisa dipergunakan sebagai hewan kurban," terangnya.

Selain itu, jika hewan kurban ditemukan dengan kondisi kekurangan vitamin dengan gejala hewan lesu dan kurang nafsu makan, maka akan dilakukan pemberian vitamin.

"Kita juga akan memberikan anti stres dan obat salep mata," tuturnya.

Wachyuni menambahkan, jika kondisi hewan kurban sehat maka pihaknya akan memberikan SKKH yang baru untuk mengganti SKKH dari daerah asal. "Kemudian kita tempelkan stiker tanda bahwa hewan sudah diperiksa oleh petugas," tandasnya. (ibl)


TOPIK BERITA TERKAIT: #idul-adha 

Berita Terkait

Best Western Mangga Dua Rayakan Idul Adha

Jakarta Raya

Momentum Idul Adha, Lulung Kurban 31 Ekor Sapi

Jakarta Raya

KBM Ajak Muda-Mudi Dalami Makna Idul Adha

Nasional

IKLAN