Kamis, 20 September 2018 10:10 WIB
pmk

Politik

Tes Kesehatan: Jokowi Punya Pengalaman, Ma’ruf Mengikuti Aturan

Redaktur: Redjo Prahananda

Capres Joko Widodo dan Cawapres Ma'aruf Amin, Minggu(12/8) saat menyapa wartawan usai melakukan pemeriksaan tahap pertama di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Foto: Charlie Lopulua/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID- Joko Widodo dan KH. Ma’ruf Amin sampai di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Minggu, (12/8) sekitar pukul 08.06 WIB untuk menjalani serangkain tes kesehatan.

Proses ini untuk bagian dari pencalonan Presiden dan Calon Wakil Presiden . Jokowi dan Ma’ruf Amin di dampingi oleh putra dan putri.

Jokowi di dampingi putra ketiga, Kaesang dan KH. Ma’ruf Amin di dampingi oleh putri bungsu, Siti Haniatunnisa. Selain itu, kesembilan partai koalisi juga mendampingi pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin melakukan tes kesehatan.

Jokowi mengaku tidak memiliki persiapan khusus untuk menjalani serangkaian tes kesehatan dan psikotes. “Sudah pernah diperiksa empat tahun lalu waktu di Pilpres 2014,”ucap Jokowi sebelum masuk ke Gedung RSPAD.

Sementara, Bagi Ma'ruf, menjalani serangkaian tes kesehatan menjadi pengalaman pertama. “Saya mengikuti aturan, jadi siap untuk mengikuti proses," kata Ma'ruf.

KPU melarang capres dan cawapres melakukan pemeriksaan kesehatan mandiri . Proses ini berlangsung sekali. Tim dokter RSPAD memeriksa mata, telinga, gigi, sampai organ dalam. Selain itu, pemeriksaan kejiwaan melalui psikotes serta bebas narkoba.

Proses pemeriksaan ini sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 22 Tahun 2018 pasal 28 tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden.

Aturan mengenai pemeriksaan tersebut terdapat pada SK KPU Nomor 1004 Tahun 2018 tentang Panduan Teknis Penilaian Kemampuan Rohani dan Jasmani Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Dalam Pemilu 2019. (cr-1)


TOPIK BERITA TERKAIT: #maruf-amin #jokowi #pemeriksaan-kesehatan-capres-cawapres 

Berita Terkait

Gagal di Senayan, Suju Ketemu Jokowi di Korea

Indotainment

Ribuan Mahasiswa Tuntut Jokowi Diturunkan

Nasional

Mahasiswa Masih Tahap Memantau Rezim Jokowi

Nasional

IKLAN