Politik

KPU Gunakan Standar IDI Periksa Capres-Cawapres

Redaktur: Redjo Prahananda
KPU Gunakan Standar IDI Periksa Capres-Cawapres - Politik

INDOPOS.CO.ID - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman memastikan, KPU menggunakan standar IDI dalam proses pemeriksaan kesehatan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden.

KPU menyerahkan tes kesehatan terhadap calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) kepada tim dokter di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto.

"Kami memakai standar IDI. Kehadiran KPU, menjadi bagian dari tahapan dari proses pencalonan,"ujar Arief Budiman, di RSPAD Gatot Soebroto, Senin (12/8/2018).

KPU melarang capres dan cawapres melakukan pemeriksaan kesehatan mandiri . Proses ini berlangsung sekali. Tim dokter RSPAD memeriksa mata, telinga, gigi, sampai organ dalam. Selain itu, pemeriksaan kejiwaan melalui psikotes serta bebas narkoba.

Proses pemeriksaan ini sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 22 Tahun 2018 pasal 28 tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden.

Aturan mengenai pemeriksaan tersebut terdapat pada SK KPU Nomor 1004 Tahun 2018 tentang Panduan Teknis Penilaian Kemampuan Rohani dan Jasmani Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Dalam Pemilu 2019. (cr-1)

Berita Terkait

Politik / Harapkan Capres Tawarkan Konsep Program Berkelanjutan

Politik / Finalisasi Pertanyaan Debat Pilpres Capai 80 persen

Megapolitan / Berpeluang ke Ranah Pidana

Megapolitan / Satu Lagi Caleg Berpotensi Terancam Dicoret

Megapolitan / Lebih Banyak Caleg Berpotensi Dicoret


Baca Juga !.