Selasa, 18 September 2018 10:49 WIB
pmk

Nasional

RSPAD Akui Miliki Peralatan Standar Tertinggi Memeriksa Bakal Capres-Cawapres

Redaktur: Redjo Prahananda

INDOPOS.CO.ID - Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Dr Terawan Agus Putranto menyatakan bahwa pihaknya memiliki peralatan yang super lengkap. Sehingga dipercaya menjadi lokasi pemeriksaan bakal calon presiden dan wakil presiden.

"RSPAD memiliki peralatan standar tertinggi yang diinginkan IDI (Ikatan Dokter Indonesia) dan KPU (Komisi Pemilihan Umum)," kata Terawan saat jumpa pers di sela-sela pemeriksaan bakal capres-cawapres Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (12/8/2018).

Atas dasar itu, lanjut Terawan, pemeriksaan terhadap bakal capres-cawapres dapat maksimal.

"Sehingga kita memeroleh hasil yang utuh yang nantinya bisa diumumkan oleh KPU," terangnya.

Di tempat yang sama, anggota IDI Autrinias Bakti Ausi menjelaskan bahwa tidak ada hal beda dalam pemeriksaan bakal capres-cawapres untuk Pilpres 2014 dengan pemeriksaan di tahun ini. Baginya RSPAD memiliki standar peralatan yang lengkap.

"Prinsipnya pemeriksaannya sama. Kecuali kalau dibutuhkan pemeriksaan yang kebih mendalam maka dibutuhkan peralatan yang lain. Tapi kita tetap gunakan hasil di RSPAD untuk dijadikan rujukan oleh KPU," terangnya.

Begitupula dengan Sekjen IDI Adib Khumairi menegaskan bahwa hasil pemeriksaan di RSPAD adalah final dan mengikat. "Sehingga tidak dibutuhkan (rujukan) pembanding dari rumah sakit lain," tegasnya.

Diketahui, bakal capres-cawapres Jokowi KH Ma'ruf Amin mendapat kesempatan pertama melakukan pemeriksaan di Minggu pagi.

Sementara pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dijadwalkan diperiksa pada Senin (13/8/2018) pagi. (dil)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dr-terawan-agus-putranto #rspad-gatot-subroto #pemeriksaan-kesehatan-capres-cawapres 

Berita Terkait

IDI: Prabowo-Sandi Sehat Jasmani dan Rohani

Politik

Lama Pemerikaaan Bakal Capres-Cawapres 9-12 Jam

Nasional

IKLAN