Jumat, 21 September 2018 03:32 WIB
pmk

Nusantara

Rumah Zakat Turun Tangan Bantu Korban Gempa Lombok

Redaktur: Redjo Prahananda

Foto : Ilustrasi JPG

INDOPOS.CO.ID - Sejak terjadinya rentetan gempa besar dan kecil di Pulau Lombok NTB pada akhir Juli sampai Agustus, Rumah Zakat telah mengirimkan bantuan baik berupa tenaga relawan, makanan dan obat-obatan.

Melihat jumlah korban dan dampak masif gempa Lombok, butuh penanganan secara besar, sehingga Rumah Zakat mengambil peran untuk berkontribusi bersama-sama pemerintah dan berbagai pihak dalam memulihkan kondisi Lombok.

“Kontribusi kami berupa aksi-aksi pelayanan pada fase tanggap darurat dan fase rehabilitasi dan rekontruksi kedepan,” jelas Nur Efendi, CEO Rumah Zakat melalui keterangan tertulis , Minggu (12/8/2018).

Rumah Zakat bersama warga gotong royong mendirikan masjid darurat di Dusun Kandang Kao, Desa Tanjung, Kec. Tanjung, Lombok Utara. “Kami mendirikan masjid darurat ini agar bisa dipakai warga untuk shalat Jumat. Meskipun asal, setidaknya, terdapat tempat untuk shalat berjamaah,” ujar Hamzah, Relawan Rumah Zakat.

Selain menyalurkan Superqurban, Relawan Rumah Zakat juga membuka dapur umum bersama warga di Dusun Mentareng, Desa Obel Obel, Kec. Sambelia Lombok Timur. Rumah Zakat bakal mengirimkan total 10.000 kornet Superqurban untuk membantu pengadaan kebutuhan pangan di lokasi bencana.

Senin, (6/8/2018) pekan lalu, Rumah Zakat mengirimkan 3.500 paket Superqurban, selain itu juga mengirimkan satu unit ambulance dan dua mobil operasional untuk membantu proses evakuasi.

“Penyaluran produk Superqurban bahkan telah dimulai dari sebelum Idul Adha, dengah harapan dapat menguatkan edukasi kepada masyarakat mengenai manfaat lebih dalam berqurban tidak habis dalam waktu tiga hari, namun bisa bermanfaat dalam waktu dan jangkauan wilayah lebih luas,” lanjut Nur Efendi.

“Pengungsi membutuhkan makanan cepat saji bagi seperti kornet Superqurban ini siap makan. Sangat cocok untuk kondisi darurat seperti sekarang,” jelas Nurmansyah, salah satu relawan Rumah Zakat di Lombok.

Sementara ini, fokus utama bantuan adalah pencarian, penyelamatan dan pertolongan kepada masyarakat terdampak gempa serta pemenuhan kebutuhan dasar.(ydh)


TOPIK BERITA TERKAIT: #gempa-di-lombok #rumah-zakat 

Berita Terkait

IKLAN