Jumat, 16 November 2018 07:07 WIB
pmk

Banten Raya

Ada Persatuan dan Kebersamaan dalam Bersepeda Nusantara

Redaktur: Redjo Prahananda

Menko Polhukam Wiranto didampingi Deputi Luar Negeri Lutfi Rauf (kanan) dan Deputi Kamtibmas Irjen Pol Carlo B Tewu (kiri) usai mengikuti Sepeda Nusantara di Serang Banten yg diikuti 5 ribu peserta dalam rangka sosialisasi Asian Games 2018 di Serang, Banten, Minggu (12/8/2018).

INDOPOS.CO.ID - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto menekankan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan, seperti dalam kegiatan Sepeda Nusantara. Meskipun sepele, menurut dia, kegiatan sepeda nusantara memiliki makna yang sangat dalam.

"Hari ini kembali saya bersama masyarakat Banten untuk melakukan kegiatan yang penting, bersepeda, Sepeda Nusantara. Kelihatannya sepele hanya bersepeda tapi maknanya sungguh sangat dalam. Sekarang kita bersepeda bersama-sama berarti ada persatuan, ada kebersamaan. Kalau tidak bersama-sama yang satu jatuh yang lain jatuh semua. Ada persatuan di sana, ada kebersamaan, jadi makna kita adalah dengan bersepeda ini, Sepeda Nusantara, kita bersatu kembali sebagai bangsa," ujar Menko Polhukam Wiranto saat membuka kegiatan Sepeda Nusantara 2018 di Serang, Banten, Minggu (12/8/2018).

Menko Polhukam mengatakan, negeri ini didirikan dan dimerdekakan karena rakyat Indonesia bersatu sebagai bangsa. Oleh karena itu, sudah seharusnya persatuan itu dijaga dan dirawat.

"Mari kita rawat, mari kita pelihara baik-baik. Maka makna dari sepeda nusantara kita pagi hari ini persatuan kita, merawat persatuan kita sebagai bangsa," kata Wiranto.

Selain itu, Menko Polhukam juga mengingatkan amanat yang disampaikan Presiden Joko Widodo yakni di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Untuk itu, gerakan masyarakat sehat telah diberdayakan di seluruh nusantara.

"Bersepeda juga membuat kita sehat, kalau kita sehat jiwa kita kuat maka seperti nyanyian Indonesia Raya, bangunlah jiwanya bangunlah badannya. Tidak hanya sehat badannya tapi juga jiwanya, bahkan jiwanya juga harus kuat supaya membawa bangsa ini menuju satu kemajuan yang kita harapkan bersama," kata Menko Polhukam Wiranto.

Dalam kesempatan itu, Menko Polhukam juga menyampaikan ucapan selamat kepada Provinsi Banten. Menurut Menko Polhukam, saat ini Provinsi Banten terus berkembang sesuai dengan irama perkembangan zaman, sesuai dengan irama perkembangan NKRI. Bahkan di beberapa lini, di beberapa kehidupan, Provinsi Banten menjadi bagian dari contoh keberhasilan sebuah provinsi.

Senada dengan Menko Polhukam, Gubernur Banten Wahidin Halim mengingatkan pentingnya bekerja sama sebagai satu bangsa. Dikatakan bahwa NKRI harga mati. Semua lapisan masyarakat seperti ulama, tokoh masyarakat, dan para pejuang Banten rela berkorban untuk kemerdekaan negeri ini.

"Oleh karena itu, harus kita jaga. Jaga persatuan, jaga keutuhan, jaga Republik Indonesia secara bersama-sama dan tentunya jaga harmonisasi antara kita, antara suku, antara agama, antar sesama kita. Kegiatan sepeda nusantara ini merupakan satu momentum bagi rakyat Banten untuk menyatukan dirinya dalam rangka pembangunan di Provinsi Banten khususnya dan di Republik Indonesia yang kita cintai," kata Wahidin.

Kegiatan Sepeda Nusantara ini merupakan rangkaian dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan yang ke-73 dan sosialisasi acara Asian Games. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari lima ribu peserta yang berasal dari kementerian, lembaga, TNI, Kepolisian serta seluruh masyarakat di Provinsi Banten. (yas)


TOPIK BERITA TERKAIT: #menko-polhukam-wiranto #sepeda-nusantara #asian-games #pemprov-banten #wahidin-halim 

Berita Terkait

IKLAN