Selasa, 25 September 2018 02:48 WIB
pmk

Internasional

NASA Luncurkan Pesawat ke Matahari

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Agensi antariksa Amerika Serikat (NASA) meluncurkan penyelidikan ke luar angkasa pada Minggu, (12/8/2018). Peluncuran kali ini  menggunakan pesawat luar angkasa yang akan terbang mendekati matahari.

Pesawat ini dinamai Parker Solar Probe. Kabarnya akan melintasi Venus dan berputar mengelilingi matahari sebelum akhirnya mendekati lapisan terpanas matahari, korona.

Misi ini disebut-sebut sebagai misi yang tidak ada duanya. Bagaimana tidak, untuk bisa meluncur ke luar angkasa, Parker Solar Probe membutuhkan energi 55 kali lebih banyak dibandingkan untuk perjalanan ke Mars.

Secara ukuran, Parker Solar Probe tidak lebih besar dari mobil keluarga. Pesawat ini akan bertengger di atas roket Delta IV Heavy yang memiliki tinggi 72 meter, lebar 15 meter, dan bisa menampung lebih dari 600 ton bahan bakar.

Dalam perjalanannya, Parker Solar Probe disebut-sebut bakal jauh lebih cepat dibandingkan objek buatan manusia yang pernah ada selama ini. Sekadar diketahui, pesawat ini akan meluncur ke Matahari dengan kecepatan 430.000 mil per jam (mph).

Setelah melintasi Venus pada akhir September, Parker Solar Probe akan mencapai matahari sekitar bulan November dan memancarkan data pertamanya pada Desember. Misi Parker Solar Probe adalah selama 7 tahun dan sepanjang masa tersebut, pesawat ini akan mengitari Venus sebanyak enam kali dan memanfaatkan gravitasi Venus untuk memasuki orbit Matahari. (nug)


TOPIK BERITA TERKAIT: #nasa 

Berita Terkait

Perkiraan NASA: Kota yang Akan Banjir Saat Es Mencair

Internasional

IKLAN