Kamis, 15 November 2018 03:19 WIB
pmk

Internasional

Final Mr Gay Eropa 2018 Diwarnai Protes

Redaktur:

PAWAI HOMOSEKSUAL – Ratusan peserta kontes Mr Gay Eropa menggelar pawai di Kotan Poznan Polandia. Foto: Net

INDOPOS.CO.ID - Final ajang Mr Gay Eropa tahun ini berlangsung pada hari Sabtu (12/8/2018) di Kota Poznan, Polandia. Padahal, Polandia dikenal sebagai salah satu negara Katolik konservativ dan taat. Mayoritas penduduk di negara itu banyak yang tidak menerima hubungan sesama jenis.

"Saya berharap ini akan membantu kami. Perjuangan kami dalam menuntut hak yang sama seperti yang dinikmati di seluruh Eropa," kata penyelenggara acara Pawel Zabilski kepada AFP.

Enrique Doleschy, finalis asal Jerman berusia 30 tahun yang mengalahkan enam finalis lainnya mengatakan, acara itu diperlukan selama kaum gay terus diremehkan dan tidak dapat menjadi diri mereka sendiri.

"Selama ada satu orang yang merasa seperti ini, kita perlu kompetisi untuk membawa yang terbaik pada orang dan untuk memaksa mereka, untuk mendorong mereka, menjadi lebih baik satu sama lain," katanya kepada AFP.

Pawai kebanggaan gay diadakan pada hari sebelumnya. Bertepatan dengan acara tersebut kelompok penolak LGBT pun melakukan protes.

"Tidak benar memberikan hak istimewa (kepada individu LGBT) atau meningkatkannya ke tingkat keluarga," kata pengunjuk rasa dan aktivis pro kehidupan Maciej Wiewiorka.

"Memberi mereka hak untuk mengadopsi. Ini aneh, tidak masuk akal dan seharusnya tidak terjadi," katanya kepada AFP.

Pasangan sesama jenis tidak dapat menikah atau mengadopsi anak di Polandia. Diketahui Polandia merupakan salah satu negara paling taat di Eropa. Di mana Gereja terus memainkan peran sosial kunci dalam membentuk sikap.

Tujuh puluh persen orang  Polandia berpikir hubungan homoseksual tidak dapat diterima. Itu menurut sebuah jajak pendapat pada 2014 dari lembaga CBOS. (nug)


TOPIK BERITA TERKAIT: #lgbt #pawai-gay 

Berita Terkait

Taman Kota Jadi Lokasi Favorit Pelaku LGBT

Megapolitan

Heboh, Aktor Taiwan Ini Kencani Tiga Pria Sekaligus

Indotainment

Mahathir : Tak Ada Hak LGBT di Malaysia

Internasional

Musnahkan Komik LGBT

Nasional

LGBT Dilarang Masuk Bontang

Nusantara

IKLAN