Minggu, 18 November 2018 07:15 WIB
pmk

Jakarta Raya

Pencarian Sosok Baru Pengganti Sandi Dimulai

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Setelah resmi mencalonkan diri menjadi calon wakil presiden (Cawapres) pada Pilpres 2019 mendatang, Sandiaga Uno mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta. Saat ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah mencari pengganti Sandiaga Uno untuk mengisi jabatan Wagub yang kosong.

“Wagub baru harus satu visi dan misi dengan Gubernur DKI, sehingga keduanya bisa bekerjasama,” ujar Pengamat Perkotaan Yayat Supriyatna kepada INDOPOS, Minggu (12/8).

Selain itu, sosok pengganti Sandiaga Uno harus sosok yang jujur, siap bekerja 24 jam dan paham dengan kondisi Jakarta. Munculnya beberapa masalah di pemerintahan sebelumnya (tidak satu visi dan misi), karena gubernur dan wakil gubernur tidak bisa membagi-bagi tugas secara jelas.

“Kalau Anies-Sandi ada sharing pembagian tugas secara jelas, begitu juga Jokowi-Ahok ada pembagian tugas. Yang sekarang harus jelas, jangan sampai ada konflik,” katanya.

Ia mencontohkan, konflik yang muncul pada pemerintahan Foke-Priyanto. Lebih jauh Yayat mengungkapkan, untuk mengoptimalkan program yang sudah berjalan, maka program harus masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemprov DKI. Kemudian, program harus memiliki konsep yang jelas dan matang.

“Jadi itu program OK OCE atau OK Otrip harus sudah dipahami oleh tim gubernur untuk percepatan pembangunan (TGUPP). Ya kemudian TGUPP harus bekerja, karena itu program Pemprov DKI bukan program Sandi,” katanya.

Tim TGUPP, menurutnya harus bisa bekerjasama dengan semua unit satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang ada, sehingga tidak memunculkan pesan dualisme dalam pelaksanaan program di Pemprov DKI. “TGUPP jangan hanya sebagai tim penganggas konsep saja, sementara implementasinya di unit SKPD,” tegasnya.    

Setelah jabatan Wagub DKI kosong, Partai Gerindra dan PKS berhak mengusulkan dua nama pengganti Sandiaga. Masing-masing partai bisa saja mengirimkan satu nama kandidat wagub. Isu yang berkembang di PKS, nama Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera akan menggantikan posisi Sandiaga Uno.

Wakil Sekjen PKS Abdul Hakim mengatakan, nama Mardani Ali Sera pernah menjadi kandidat calon wakil gubernur pada Pilkada DKI 2017 berpasangan dengan sandiaga Uno. Namun nama Mardani batal, setelah Sandiaga dipasangkan dengan Anies Baswedan menjadi calon wakil gubernur (Cawagub) dan Sandiaga Uno menjadi calon gubernur (Cagub). “Ya, salah satu nama yang muncul menggantikan Pak Sandiaga adalah Pak Mardani Ali Sera,” ungkap Abdul Hakim.

Sementara itu, dari Partai Gerinda nama Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Mohamad Taufik pun menguat akan menggantikan Sandiaga Uno menjadi Wagub DKI. Mohamad Taufik mengaku siap, jika diusulkan menjadi wagub. “Saya siap saja. Jangan bahas itu dulu, sabar. Kan Pak Sandiaga baru daftar, masa sudah diributkan kursi jabatannya,” ungkapnya. 

Kendati demikian, Taufik menegaskan Partai Gerinda tidak berambisi untuk jabatan itu. Sehingga Partai Gerinda tidak mau terburu-buru membahas masalah itu. Karena, persiapan Pilpres 2019 jauh lebih banyak menyita waktu.

“Kalau bicara peluang, saya mungkin akan diusulkan, karena dulu saya menjabat Ketua DPD. Tapi itu nantilah, kan baru kemarin pak Sandi mundur,” katanya.

Di tempat terpisah, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sumarsono mengatakan, yang berhak mengirim dua nama pengganti Sandiaga Uno menjadi Wagub DKI adalah partai pengusung, yakni Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Tata cara penggantiannya, menurutnya sudah diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 12 Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang (UU) Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah (Pemda). “Pasal yang mengatur prosedur pengisian pejabatnya ada dalam pasal 26 ayat 1,” katanya.

Dari dua nama yang diusulkan, menurut Sumarsono akan diajukan ke DPRD DKI oleh Gubernur DKI. Selanjutnya, DPRD DKI akan melakukan pemilihan pengganti Sandiaga Uno untuk menjabat Wagub DKI. (nas)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #wagub-dki #mardani-ali-sera #mohamad-taufik 

Berita Terkait

IKLAN